Kamis, 02 Mei 2024 10:59 WIB

Advetorial

Wisata Air Terjun di Kukar, Antara Sensasi dan Risiko

Redaktur: Redaksi
| 67 views

Wisata air terjun di Kukar. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Air terjun di tengah hutan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi petualangan. Namun, untuk mencapai lokasi tersebut, wisatawan harus mengeluarkan tenaga ekstra dan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari jalan setapak, tanah liat, ladang, hingga tebing.

Namun, tidak semua wisatawan berani mengambil risiko untuk menikmati keindahan alam tersebut. Sebab, aksesibilitas dan keamanan di lokasi air terjun masih sangat minim. Tidak ada pihak ketiga yang mengelola wisata tersebut, karena lokasinya berada di dalam hutan yang memiliki medan terjal. Pihak pemerintah setempat pun belum menjadikan itu sebagai prioritas utama pengembangan ekowisata.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Restiawan Baihaqi, menyarankan kepada wisatawan untuk menilik wisata unggulan yang ada di Kukar, yang sudah dijamin keamanannya. Apabila tujuan wisatawan adalah air terjun, Baihaqi menyebut wisata unggulan dan masuk dalam rekomendasi untuk keluarga maupun bersama teman.

Salah satunya adalah wisata air terjun di Desa Kedang Ipil, Kabupaten Kutai Kartanegara. “Karena tempat ini sudah dikelola oleh Pokdarwis Dewi Karya, yang mana ada fasilitas yang tersedia untuk menjamin keamanannya, seperti parkir, dan jalan setapak yang terus diperbaharui,” ungkap Baihaqi, Jumat (24/11/2023).

Di lokasi air terjun tersebut juga tersedia tali yang memanjang ke bawah, dengan tujuan pengunjung tidak terbawa oleh arus dan juga bisa menjangkau bebatuan lain yang ada di atasnya. Tak hanya itu, dalam waktu tertentu ada pertunjukan silat kuntau, tari pupur beluluh dan ada juga kerajinan anyaman.

“Jadi, di sana sudah lengkap, ada homestay, kios kuliner dan lainnya. Dengan begitu wisatawan tak perlu khawatir kalau mau mencari tempat wisata air terjun,” tutupnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #wisata-air-terjun #pariwisata-kukar #air-terjun-kedang-ipil 

Berita Terkait

IKLAN