Kamis, 02 Mei 2024 12:40 WIB

Advetorial

Danau Puluhan Nusa, Destinasi Wisata Baru di Kutai Kartanegara

Redaktur: Redaksi
| 78 views

Danau Puluhan Nusa. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Desa Muara Wis, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, berencana mengembangkan Danau puluhan Nusa sebagai destinasi wisata baru. Danau ini menawarkan keindahan hamparan danau luas yang dikelilingi pulau-pulau kecil.

Kepala Desa Muara Wis, Kasmir, mengatakan, danau ini sebelumnya hanya dimanfaatkan warganya yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan untuk mencari ikan. Namun, seiring berjalannya waktu, pemerintah melihat potensi danau ini sebagai objek wisata yang dapat membantu pemberdayaan ekonomi warga setempat.

“Menurut kami ini potensial sekali jadi objek wisata, karena keberadaan banyak Nusa di sebuah danau itu saja sudah menjadi potensi tersendiri, jadi hanya perlu dikembangkan,” ungkap Kasmir, Jumat, (24/11/2023).

Danau puluhan Nusa ini sendiri merupakan pulau-pulau yang nantinya akan diberi nama berbeda-beda. Saat ini, Pemdes Muara Wis tengah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur maupun Dinas Pariwisata Kukar untuk membahas rencana pengembangan danau ini.

“Kalau kami rencananya ingin membangun camping ground, homestay, perkebunan hingga spot pemancingan dengan pulau-pulau yang berbeda,” jelasnya.

Meski baru sebatas wacana, Kasmir sangat optimis potensi wisata di desanya dapat dikembangkan.

“Harapan kita ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Terutama lewat transportasi, karena kan perlu perahu untuk menuju danau itu. Semoga ini bisa kita realisasikan,” harapnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pariwisata-kukar #wisata-alam-kukar #danau-puluhan-nusa #kecamatan-muara-wis 

Berita Terkait

IKLAN