Minggu, 05 Mei 2024 08:35 WIB

Advetorial

Kesbangpol Kaltim Gelar PWK untuk Pelajar SLTA Sangatta dalam Rangka Sukseskan Tahapan Pemilu 2024

Redaktur: Redaksi
| 333 views

Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) bagi pelajar Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) di Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Kutim, Afiliasi.net – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) bagi pelajar Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) di Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Dengan tema "Memperkuat Kemandirian Bangsa Melalui Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar Kaltim guna Menyukseskan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024," kegiatan ini berlangsung di Ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutim, pada Senin (27/11/2023).

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Kutim Muhammad Basuni, membuka kegiatan ini. Acara turut dihadiri oleh Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kaltim, Syarifuddin Noor, dan diikuti oleh 150 peserta SLTA di Kota Sangatta.

Muhammad Basuni, dalam sambutannya, menyambut baik PWK Pelajar SLTA di Kutim yang diselenggarakan Kesbangpol Provinsi Kaltim. Dia menyatakan harapannya agar kegiatan ini dapat melawan berbagai pengaruh buruk dari dalam maupun luar negeri yang dapat mengancam rasa cinta tanah air, persatuan, dan kesatuan bangsa.

"Dalam waktu tiga bulan, Pemilu Serentak 2024 akan digelar, memilih pemimpin negara dan wakil rakyat di DPR-RI, DPD-RI, dan DPRD Provinsi serta kabupaten/kota. Saya berpesan kepada anak-anak sekalian, mari kita sukseskan Pemilu Serentak 2024 dengan memberikan suara kalian di Tempat Pemungutan Suara (TPS) demi masa depan bangsa yang lebih baik," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Syarifuddin Noor, menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut, yaitu memberikan pemahaman tentang pentingnya Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar SLTA di Kabupaten/Kota se-Kaltim.

"Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencegah tantangan dan ancaman yang dapat mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," papar Syarifuddin Noor.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kegiatan ini melibatkan Learning (tatap muka) dan pengarahan, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta kepada narasumber. Biaya pelaksanaan kegiatan PWK bagi pelajar SLTA di Kutim ditanggung melalui DPA – Perubahan SKPD Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim Tahun 2023," pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #wawasan-kebangsaan #pemkab-kutim #pemilih-pemula #kesbangpol-kutim 

Berita Terkait

IKLAN