Minggu, 28 April 2024 08:06 WIB

Advetorial

Haji Alung Ingatkan Generasi Muda Liang Ulu Tentang Cita-cita Kemerdekaan

Redaktur: Redaksi
| 246 views

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang digelar oleh Anggota DPRD Kaltim, Muhammad Syahrun. (Istimewa)

Kukar, Afilasi.net - Anggota DPRD Kaltim, Muhammad Syahrun mengajak generasi muda untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air sebagai generasi penerus bangsa.

Hal tersebut disampaikan Haji Alung sapaannya saat menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Desa Liang Ulu, Kecamatan Kota Bangun pada Rabu, 20 Desember 2023.

“Masa depan bangsa ini ada di tangan generasi muda. Maka itu, semangat nasionalisme harus menjadi pilar meneruskan cita-cita kemerdekaan,” katanya.

Di sisi lain, Haji Alung juga berharap agar generasi muda memahami wawasan kebangsaan dan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar falsafah negara yang terangkum dalam empat pilar berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. 

"Kita harus bisa menghidupkan keempat konsensus bernegara ini dalam kehidupan sehari-hari," kata dia. 

Politisi Golkar ini berharap masyarakat di Benua Etam hidup dengan rukun dan damai. Maka itu, ia tegaskan, agenda sosbang oleh mereka menjadi sarana yang tepat untuk merawat nasionalisme. 

"Kita harus terus menjaga kerukunan dan kedamaian di Kalimantan Timur. Mari kita saling menghormati perbedaan, agar kita dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai," tambahnya.

Haji Alung juga memberikan pesan penting mengenai kondusifitas daerah. Termasuk, menjadikan pertemuan ini sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai kebangsaan di tengah dinamika politik dan ekonomi yang terus berubah.

"Jika Kaltim senantiasa terjaga kondusifitasnya, pasti perekonomian kita akan tetap bertahan dan membaik, apalagi dengan kehadiran IKN (Ibu Kota Nusantara, Red)," ungkapnya.

Haji Alung turut mengundang Ahmad Fadillah sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, Ahmad Fadillah mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan sebagai langkah positif di tengah gejolak paham liberal dan radikal yang tengah meresahkan sebagian masyarakat.

Ahmad mengulas sejarah panjang Pancasila sebagai ideologi bangsa, membandingkannya dengan pondasi utama sebuah gedung.

"Tanpa dasar yang kokoh, bangunan itu pasti akan roboh," pungkasnya. (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #muhammad-syahrun 

Berita Terkait

IKLAN