Rabu, 01 Mei 2024 09:37 WIB

Lifestyle

Tora Sudiro Akui Kesulitan Berakting Karena Sindrom Tourette, Simak Penjelasan Tentang Kelainan Tersebut

Redaktur: Redaksi
| 57 views

Tora Sudiro (Tempo)

Afiliasi.net – Tora Sudiro alami sebuah kelainan pada tubuhnya. Kelainan tersebut diakibatkan dari sebuah sindrom bernama Tourette yang telah diidapnya sejak lama.

Mulanya, saat pertama kali dirinya merasakan gejala dari sindrom tersebut dokter menyebutkan bahwa apa yang terjadi pada dirinya itu merupakan sebuah kebiasaan buruk.

“Dokter awalnya cuma bilang itu karena kebiasaan,” ujar Tora Sudiro, dikutip dari Suara.com.

Namun rupanya penyebab dari tubuhnya yang kehilangan kontrol itu merupakan gejala dari Sindrom Tourette. Meski sudah mengalami gejala tersebut sejak 2015, Tora Sudiro baru mengetahui dugaan dirinya terkena Sindrom Tourette setelah dirinya menelusuri dari Internet dan berkonsultasi ulang dengan dokter.

Tora Sudiro mengaku kelainannya itu terkadang mengganggu pekerjaannya sebagai aktor. Apalagi jika sindrom tersebut kambuh saat dirinya berakting.

Masih melansir dari Suara.com, dikabarkan bahwa penyakit Tora Sudiro itu sempat kambuh di sela kegiatan jumpa pers film Kang Mak yang Tora hadiri di kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Usai acara, Tora Sudiro menceritakan sindrom Tourette yang ia idap kambuh sejak dua hari lalu. Tora sendiri tak tahu apa penyebab pastinya.

“Gue sih trigger-nya mungkin dari kecapekan kali ya, banyak pikiran juga. Soalnya kemarin pas nganggur lama, nggak keluar gitu. Cuma masa iya gue harus nganggur terus?” ungkap Tora Sudiro.

Apa sebenarnya Sindrom Tourette dan apa gejalanya?

Dikutip dari Hospital Siloam, Tourette syndrome atau sindrom Tourette adalah suatu kelainan atau gangguan saraf yang merupakan bawaan sejak lahir. Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan penderita dalam mengendalikan gerak-gerik tubuh serta ucapan yang terlontar dari mulut (tics).

Tak jarang pengidap sindrom ini akan untuk mengeluarkan suara abnormal secara tiba-tiba, mengulang perkataan, hingga mengumpat tanpa alasan. Tidak hanya itu, pengidap Sindrom Tourette ini bisa saja melakukan gerakan yang tak terkendali yang bisa muncul dari bagian tubuh mana saja, baik tangan, kaki, atau wajah.

Untuk penyebab munculnya sindrom ini pada manusia bisa dikarenakan ganggu saat kehamilan dimana proses kelahiran yang memakan waktu yang lama atau bisa dari angka berat badan bayi yang rendah. Tidak hanya itu, penyebab kelainan tersebut juga bisa dikarenakan kelainan gen atau kelainan zat kimia otak.

Tidak ada cara menyembuhkan sindrom Tourette. Pengobatan yang dilakukan pun bertujuan untuk mengendalikan gejala dan membantu anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah. 

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tora-sudiro #kelainan-saraf #sindrom-tourette 

Berita Terkait

IKLAN