Jumat, 03 Mei 2024 03:24 WIB

Advetorial

Distanak Bakal Salurkan Pompa Air Untuk Pengairan Sawah di Musim Kemarau

Redaktur: Redaksi
| 22 views

Sekretaris Distanak Kukar, Syamsul Ma’arif (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Meski terbilang sebagai salah satu penghasil beras terbesar di Kalimantan Timur (Kaltim). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatakan produktifitas pertanian padi. Hal ini terus didorong oleh pemerintah untuk merealisasikan visi besar, mejadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kaltim dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Untuk itu, Kepala Dinas Pertaniana dan Peternakan (Distanak) Kukar, Muhammad Taufik melalui Selretari Distanak Kukar, Syamsul Ma’arif mengatakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyalurkan bantuan berupa pompa air untuk mengairi sawah.

“Karena kemarau kita sekarang dalam keadaan rawan pangan nasional. Untuk mengatasi itu, kita saat ini sedang berupaya untuk tetap mengairi lahan pertanian. Salah satu yang akan kita lakukan adalab menyalurkan bantuan berupa mesin pompa air,” ujar Syamsul Ma’arif, Senin (18/3/2024).

Hal ini dilakukan agar selurih sawah yang ada di Kukar dapat tetap produktif sepanjang musim kemarau. Mengingat saat ini sebagain besar areal persawahan di Kukar mengalamai kekeringan. Direncanakan, bantuan berup mesin pompa air ini mukai disalurkan pada tahun ini.

“Saat ini tim kita dilapangan sedang melakukan pendataan, mana saja lokasinyang bisa mendapat bantuan pompa air ini,” tambahnya.

“Kita data dulu, keperluannya berapa, dimana lokasinya. Kalo saya tidak salah mungkin akan ada sekitar 300 pompa air yang akan disalurkan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #pertanian-padi #lumbung-pangan #ikn #kekeringan #300-pompa-air #musim-kemarau 

Berita Terkait

IKLAN