Minggu, 05 Mei 2024 10:17 WIB

Advetorial

Regenerasi, Distanak Kukar Terus Tumbuhkan Minat Generasi Muda Untuk Bertani

Redaktur: Redaksi
| 22 views

Sekretaris Distanak Kukar, Syamsul Ma’arif (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ajak anak muda untuk terjun ke dunia pertanian. Hak ini dilakukan untuk meregenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Sektor Pertanian yang terus mengalamai penyusutan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertaniana dan Peternakan (Distanak) Kukar, Muhammad Taufik melalui Selretari Distanak Kukar, Syamsul Ma’arif pada, Senin (18/3/2024).

Menurutnya, saat ini banyak petani aktif sudah berusia lanjut. Sedangakan regenerasi peneris tidak terjadi dengan baik. Mengingat banyak pemuda yang enggan menjadi petani. Tentunya ini menjadi ancaman serius bagi keberlanjutan gagasan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Unguk mengatasi persoaln ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar terus memasok bantuan berupa Alat dan Mesin Pertania (Alsintan). Agar pekerjaan mengolah lahan pertanian bisa dikerjakan dengan mesin, dari proses tanam hingga panen.

“Karen diaman-mana banyak petani kita sudah tua ya, jadi pekerjaannya juga harus di permudah dengan mesin. Supaya lenih efektif juga kan,” sebut Syamsul Ma’arif.

“Pak Bupati juga kan sangat konsen sekali membantu dibidang pertanian. Karena ini kan pelerjaan yang senemarnya dibutuhkan oleh orang banyak,” tambahnya.

Selain terus menyalurkan bantuan untuk meringankan beban kerja petani. Distanak juga terus berupaya untuk menimbulkan minat bertani dikalangan anak muda. Hal ini dilakukan agar regenerasi petani muda bisa terus tumbuh di Kukar.

Syamsul mengaatakan, sektor pertanian merupakan bidang usaha yang memiliki potensi menjanjika jika dikerjakan dengan serius. Saat ini sudah ada beberapa kelompok tani milenial yang tersebar di berbagai kecamatan.

“Jadi kita terus berupaya meningkatkan minat generasi muda dengan bertani, karena kan sekekarang pertanian sudah bisa dengan mesin,” tutupnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #regenerasi-petani #pertanian #lumbung-pangan #teknologi-pertanian 

Berita Terkait

IKLAN