Minggu, 05 Mei 2024 02:41 WIB

Advetorial

Desa Kota Bangun III Kembangkan Ekowisata di Lahan Pasca Tambang Jadi

Redaktur: Redaksi
| 22 views

Pesona Danau Kumbara, destinasi wisata di Desa Kota Bangun III, Kota Bangun Darat yang dibangun dari kolam eks tambang (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mahardika milik Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses menciptakan destinasi wisata memukau diatas lahan pasca tambang.

Ketua Pokdarwis Mahardika, Deni Ilham Mardana mengatakan, Destinasi wisata yang dikelola oleh pihaknya dikenal dengan nama Danau Kumbara. Yakni tempat wisata yang mengusung konsep ekowisata yang memanfaatkan kolam bekas gakian tambang.

Ia menceritakan, perkembangan wisata ini merupakan perjuangan lima tahun. Dimana, pada saat itu, lokasi wisata ini adalah kawasan eks tambang yang tidak ditutup. Namun, warga seringkali mengambil air di lokasi tersebut. Juga menjadi tempat kegiatan-kegiatan warga, seperti memancing dan bermain layang-layang.

“Dari keramaian ini, tercetuslah ide agar danau ini bisa dijadikan objek wisata. Lalu setelah mengumpulkan beberapa teman-teman mulai tercetuslah nama Kumbara yang merupakan singkatan dari kumkuman batu bara,” ujarnya, pada Selasa (19/3/2024).

Ia menjelaskan,kumkuman berarti rendaman dalam bahasa jawa, sehingga kumbara berarti batu bara yang terendam. Sebagai ekowisata, Danau Kumbara tidak hanya menawarkan pemandangan alam. Tapi juga ada fasilitas kolam renang yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan, sebagai wahana pengunjung.

“Kedepan kami akan berinovasi, setelah kolam renang rencananya kami akan membuat camping ground. Karena lahan kami memang cocok, dan di Desa Kota Bangun III belum ada area camping ground,” tambahnya.

Objek wisata ini memiliki luas sekitar 2 hektar (Ha) dan untuk memasukinya hanya perlu membayar Rp 5 ribu bagi anak 10 tahun hingga dewasa, dibawahnya gratis. Deni mengatakan rata-rata per bulan mencapai 300 hingga 400 dan saat ada hari liburan besar, bisa mencapai 1.300 pengunjung.

“Kami berharap semoga Danau Kumbara ini semakin dikenal di luar. Dan yang datang mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan sehingga bakal kembali lagi karena merasa aman, nyaman dan merasakan kebahagiaan,” pungkasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #danau-kumbara #pokdarwis-mahardika #ekowisata #destinasi-wisata 

Berita Terkait

IKLAN