Sabtu, 27 April 2024 05:50 WIB

Daerah

Buka Musrenbang RKPD 2025, Sekda Samarinda Sampaikan Lima Usulan Program Prioritas

Redaktur: Redaksi
| 44 views

Murenbang RKPD Kota Samarinda Tahun 2025 yang digelar di Hotel Mercure, Samarinda, pada Selasa, 26 Maret 2024. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Hero Mardanus Satyawan, memaparkan lima usulan prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Perangkat Kerja Daerah (RKPD) Kota Samarinda 2025. Agenda ini digelar di Hotel Mercure, Samarinda, pada Selasa, 26 Maret 2024.

Pada kesempatan ini, Hero mengatakan bahwa setiap perencanaan pembangunan harus mempertimbangkan kedudukan Kota Samarinda sebagai bagian dari Kalimantan Timur dan NKRI.

Ia juga menegaskan proses penyusunan dokumen RKPD harus memenuhi ketentuan yang tercantum dalam undang-undang. Tak hanya itu, dokumen RKPD juga semestinya mengakomodir aspirasi masyarakat guna mengatasi berbagai permasalahan pembangunan serta menjadi implementasi dari visi misi Wali Kota Samarinda.

"Dokumen ini nanti tidak hanya berangkat dari apa yang amanatkan undang-undang namun akan tetap fokus pada solusi permasalahan pembangunan yang mau kemudian berbagai aspirasi masyarakat," kata Hero.

"Artinya seluruh daftar usulan yang telah diinput dalam aplikasi sistem informasi daerah akan kita bahas kembali dalam sesuai skala prioritas," tambahnya.

Mengacu pada strategi dan arah kebijakan pembangunan tahun 2025, beberapa usulan yang menjadi prioritas meliputi: pengembangan sektor perdagangan, jasa, dan pariwisata; infrastruktur perkotaan dan pelayanan dasar; peningkatan kualitas lingkungan; peningkatan sumber daya manusia dan daya saing; serta penguatan pelayanan beriman.

Lebih lanjut, dirinya berharap penetapan program prioritas ini mampu menjadi solusi atas permasalahan pembangunan serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Saya sudah sampaikan skala prioritas kita dalam RKPD, untuk itu saya berharap rumusan penetapan program prioritas nantinya akan mampu menjawab setiap permasalahan serta mendorong perubahan ekonomi lebih baik lagi," katanya.

Oleh sebab itu, Hero meminta seluruh masyarakat untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Samarinda dalam menentukan, mempelajari, dan memahami usulan program yang menjadi bagian dari RKPD tersebut, dengan tetap mengedepankan asas efektivitas, efisien, serta pertimbangan kemampuan daerah.

"Jangan terlena dengan apa yang ada saat ini tapi mari kita berpikir apa yang harus kita capai dalam beberapa tahun ke depan," tutupnya. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #musrenbang-rkpd-samarinda #sekretaris-daerah-samarinda #hero-mardanus 

Berita Terkait

IKLAN