Rabu, 19 Juni 2024 08:11 WIB

Lifestyle

Stop Scrolling Sosmed Berlebih, Kenali Bahaya Blue Light yang Dipancarkan Gadget dan Cara Mengatasinya

Redaktur: Redaksi
| 213 views

Ilustrasi main gadget sambil tiduran. (Ist)

Afiliasi.net - Di tengah kemajuan teknologi yang pesat, manusia semakin tak bisa terlepas dari gadget seperti smartphone, komputer, dan tablet dalam kehidupan sehari-harinya. Apalagi, dewasa ini sudah semakin banyak aktivitas yang dapat dilakukan secara digital, seperti, banking, jual beli, hingga proses belajar mengajar.

Namun, tak banyak yang menyadari bahwa blue light atau sinar biru dari gadget ini membawa risiko kesehatan yang serius. Sinar biru adalah gelombang sinar yang dihasilkan oleh layar elektronik, baik smartphone, komputer, maupun laptop dan memiliki energi cukup tinggi.

Terlalu sering berhadapan dengan sinar biru bisa membuat mata menjadi capek, kering, dan penglihatan mengabur. Tak hanya itu, susah tidur juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap muncul gara-gara sinar biru yang dipaparkan layar gadget.

Selain masalah mata, sinar biru juga bisa menimbulkan risiko penyakit kulit seperti penuaan dini dengan timbulnya garis halus dan kerutan, kulit jadi kusam dan belang, serta mengganggu produksi kolagen yang penting buat kulit.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir bahaya paparan sinar biru:

1. Gunakan Filter Blue Light

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi sinar biru yang masuk ke mata adalah dengan menggunakan filter blue light. Filter ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari aplikasi perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis hingga pelindung layar fisik yang dapat dipasang pada perangkat Anda.

2. Batasi Waktu Layar

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat meningkatkan paparan blue light. Untuk mengurangi risiko ini, cobalah untuk membatasi waktu layar Anda. Tetapkan batasan waktu harian untuk penggunaan gadget.

Anda bisa menerapkan aturan "20-20-20": Setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar selama 20 detik dan fokus pada objek yang berjarak 20 kaki (6 meter).

3. Gunakan Kacamata Anti Blue Light

Jika Anda sering bekerja di depan layar komputer, pertimbangkan untuk menggunakan kacamata anti blue light. Kacamata ini dirancang khusus untuk mengurangi paparan sinar biru ke mata. Kacamata ini dapat membantu membantu menyaring sinar biru dan melindungi mata.

4. Jaga Kesehatan Kulit

Sinar biru dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam kulit, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya. Untuk melindungi kulit Anda, gunakan tabir surya yang menjaga kulit dari spektrum UV dan blue light.

Nah, itu dia tips untuk meminimalisir bahaya paparan sinar biru. Semoga bermanfaat! (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #blue-light #sinar-biru #bahaya-blue-light #cara-mengatasi-blue-light #kecanduan-gadget 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler