Selasa, 30 April 2024 11:37 WIB

Disperindag Segera Bentuk UPTD Perdagangan Untuk Kelola 4 Pasar di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 62 views

Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) segera membemtuk 4 Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Perdagangan untuk mengelola 4 pasar di Kukar.

Nantinya 4 pasar yang dikelola oleh UPTD akan dijadikan pilot projec pemgelolaan pasar di Kukar. Tujuan adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan pasar. Karena selama ini 22 pasar yang ada di Kukar dikelola Unit Pelayanan Pasar (UPP) yang memiliki ruang lingkup lebih kecil dari UPTD.

“Artinya kelas pasar itu lebih meningkat. Jadi lebih kepada optimalisasi pasar tersebut,” sebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, Jumat (29/3/2024).

“Tahun ini sudah diusulkan, tinggal berproses penempatan personilnya sekaligus revitalisasi pasar itu sendiri diinternalnya, diperbaiki segala fasilitasnya untuk mendukung jual beli pedagang di daerah yang dibentuk UPTD,” terangnya.

Ia berharap, nantinya pasar-pasar yang dikelola oleh UPTD ini dapat menjadi roll model pasar di Kukar. Baik itu dari segi penataan, kebersihannya, fasilitas, keamananya dan kenyamannya. Juga diharapkan dapat memotivasi para pedagang untuk masuk ke Pasar yang sudah ditentukan dan tidak berjualan di trotoar atau tepi jalan.

“Jadi pasar itu dikelola mirip seperti Semi Mall bersih dan nyaman, sehingga dampaknya PAD akan meningkat. Karena semakin banyak orang berkunjung, termasuk parkir, pedagang juga semakin banyak karena dikelola dengan baik,” pungkasnya. (ADV)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #uptd-perdagangan #pengelolaan-pasar #revitalisasi-pasar #ekonomi #pembangunan-daerah 

Berita Terkait

IKLAN