Minggu, 05 Mei 2024 09:35 WIB

Advetorial

Desa Loa Duri Ilir Kembangkan Peternakn Ayan Omega 3 Probiotik

Redaktur: Redaksi
| 12 views

Kades Loa Duri Ilir, Fahri Arsyad (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Bekerjasama dengan CV Kandang Kita Farm. Pemerintah Desa (Pemdes) Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mengembangkan usaha ternak ayam petelur omega 3 probiotik.

Kepala Desa (Kades) Loa Duri Ilir, Fahri Arsyad mengatakan program ini sengaja didorong untuk memenuhi kebutuhan telur di wilayahnya. Selai itu juga untuk meningkatka pertumbuhan ekonomi lokal.

“Kandang ini ada 900 ekor ayam petelur mampu menghasilkan sekitar 60-an butir telur per hari, dengan standar kualitas yang tinggi,” sebutnya, Senin (1/4/2024).

Saat ini pihaknya baru mengembangkan satu kandang dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 7 meter yang berisi 900 ekor ayam petelur. Rencananya tahun ini pihaknya akan menambah jumlah ayam sebanyak 500 ekor lagi.

Ia mengatakan, setelah lebaran nanti produktifitas tekur akan mengalami peningkatan. Mengingat usia ayan telah menginjak 32 minggu, sehingga diperkirakan mampu memproduksi 800 butir telur perhari.

“Untuk penjualannya, telur ini premium. Jadi hanya tersedia di pusat perbelanjaan atau Mall dengan harga 50 ribu hingga 60 ribu rupiah per piring. Karena memgandung omega 3 probiotik”tambahnya.

Ia juga menjelaskan, CV Kandang Kita Farm bertanggung jawab atas pelatihan bagi peternak lokal dan pembelian hasil panen, sementara desa bertanggung jawab atas produksi pakan.

“Kami berharap program ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi lokal,” pungkasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #usaha-ternak #ketahanan-pangan #kesejahteraan-masyarakat 

Berita Terkait

IKLAN