Minggu, 08 September 2024 09:59 WIB

Advetorial

Wali Kota Samarinda Andi Harun Prioritaskan Solusi Air Bersih untuk Warga Borneo Mukti 2

Redaktur: Redaksi
| 94 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Yah/Afiliasi)

Samarinda, Afiliasi.net - Menghadapi krisis air bersih yang berkepanjangan, warga Perumahan Borneo Mukti 2 di Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, telah mengambil inisiatif untuk menarik perhatian Pemerintah Kota Samarinda. Mereka mendesak diadakannya pertemuan dengan pemerintah untuk merumuskan solusi atas penyediaan air bersih oleh Perumdam Tirta Kencana Samarinda.

Kekeringan yang telah berlangsung selama lebih dari tiga minggu ini telah menyebabkan kesulitan bagi penduduk karena kekurangan akses ke sumber air bersih, yang biasanya disediakan oleh entitas swasta bekerja sama dengan pengembang dan komunitas.

Menanggapi situasi tersebut, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, telah berkomitmen untuk melakukan kunjungan ke lokasi bersama tim dari Perumdam Tirta Kencana Samarinda untuk mengevaluasi kondisi secara langsung dan berdialog dengan warga yang terkena dampak.

“Kami terbuka untuk dialog dan siap menerima audiensi dengan pendekatan yang konstruktif. Saya akan mengunjungi lokasi untuk memahami situasi yang dihadapi oleh warga,” kata Andi Harun pada Senin (22/4/2024).

Andi Harun menegaskan bahwa pemerintah memiliki tanggung jawab untuk segera merespons situasi darurat seperti ini, tanpa perlu menunggu permintaan resmi dari warga.

Hingga kini, belum ada tindakan inspeksi lapangan oleh pemerintah, mengingat adanya kesepakatan sebelumnya bahwa pengembang dan penyedia air swasta bertanggung jawab atas distribusi air bersih kepada penduduk.

“Sebelum kami dapat bertindak, kami perlu memastikan bahwa fasilitas umum telah secara resmi diserahkan kepada pemerintah kota. Kami akan melakukan konfirmasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman,” terangnya.

Wali Kota menambahkan bahwa kunjungan lapangan akan dijadwalkan dalam waktu dekat untuk mengidentifikasi masalah teknis yang ada. Pemerintah Kota Samarinda berkomitmen untuk menciptakan solusi berkelanjutan yang akan menjamin akses air bersih bagi warganya.

“Kami akan segera melakukan kunjungan lapangan dan berharap dapat menemukan solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah ini,” tutupnya. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)


TOPIK BERITA TERKAIT: #air-bersih-di-samarinda #andi-harun #pemkot-samarinda #sidak-wali-kota 

Berita Terkait

IKLAN