Minggu, 19 Mei 2024 04:49 WIB

Advetorial

MTQ Ke-53 Samarinda Ilir Dimulai, Wali Kota Andi Harun: Jaga Sportivitas!

Redaktur: Redaksi
| 58 views

Suasana Pembukaan MTQ ke-53 Kecamatan Samarinda Ilir. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun diwakili Camat Samarinda Ilir La Uje membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-53 Tingkat Kecamatan Samarinda Ilir yang dilakukan di Jalan Abdul Aziz Samad, Sabtu (4/5/2024).

MTQ di Samarinda Ilir ini akan dilaksanakan selama enam hari, sejak tanggal 4 Mei sampai 9 Mei 2024. Adapun kelurahan yang berpartisipasi, yakni Selili, Sidomulyo, Sungai Dama, Sidodamai, dan Pelita.

Acara dibuka dengan arakan barisan para kafilah yang diwakili sepuluh orang per kelurahan. Dengan menggunakan pakaian yang didominasi pakaian batik, para peserta nampak bersemangat mengawali kontestasi itu.

Sebanyak 132 peserta diikutsertakan dalam kegiatan ini, yang terdiri dari 30 peserta dari Kelurahan Selili, 21 peserta dari Sidomulyo, 20 peserta dari Sungai Dama, 22 peserta dari Sido damai dan 35 peserta dari Pelita.

Andi Harun mengungkapkan bahwa MTQ adalah sebuah festival keagamaan bagi umat Islam untuk menggaungkan Al-Qur'an. Di mana peserta dapat mengaji dengan qiraat atau seni membaca Al-Qur'an.

"Dengan membaca Al-Qur'an, peserta dapat membumikan ajaran Al-Qur'an dan mensyiarkan ajaran Islam," ujarnya dalam sambutan tertulisnya.

Tidak hanya para peserta yang bisa mendapatkan manfaat dalam membaca dan memahami Al-Qur'an, tetapi orang-orang di sekitar yang menyaksikannya dapat merasakannya, yakni kesejukan dan ketentraman hati.

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga menyebutkan bahwa MTQ menjadi sebuah metode dakwah yang efektif. Masyarakat yang turut menyaksikan dan mendengar lantunan Al-Qur'an secara tidak langsung akan menerima dakwah Islam.

Ia berpesan kepada seluruh peserta dan dewan hakim untuk menjaga sportivitas. Mendapat juara adalah bonus, namun memiliki jiwa yang jujur dan suportif adalah keharusan bagi seorang manusia yang baik.

Andi Harun berharap kegiatan ini akan membawa dampak yang positif terhadap peningkatan pengetahuan, khususnya pemahaman terkait Al-Qur'an dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), utamanya di Samarinda Ilir.

"MTQ menjadi ajang untuk meningkatkan pengetahuan dalam pemahaman Al-Qur'an dan SDM di Samarinda Ilir," tutupnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia MTQ Samarinda Ilir Andi Syafrudin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta dan partisipan yang hadir. Ramainya para kafilah yang berpartisipasi menandakan banyak orang yang masih mengenal Al-Qur'an.

Ia berharap dari segala persiapan sampai berakhirnya kegiatan ini bisa dilakukan dengan lancar dan mendapatkan lindungan dari Allah SWT serta menjadi berkah bagi seluruh pihak.

Ia juga meminta maaf apabila kegiatan yang dilakukan terdapat kekurangan dan kendala yang tidak diharapkan sebagaimana seorang manusia yang tidak sempurna.

"Semoga kita semua mendapat perlindungan dari Allah dan mendapatkan berkah. Saya meminta maaf atas kekurangannya," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mtq #pemkot-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN