Senin, 20 Mei 2024 02:22 WIB

Advetorial

Lahan Pasca Tambang di Desa Embalut Sukses Dikelola Jadi Kebun Jagung Produktif

Redaktur: Redaksi
| 46 views

Ilustrasi kebun jagung di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Sebrang (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - 200 Hektar (Ha) lahan pasca tambang di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses dikelola menjadi kebun jagung yang cukup produktif oleh masyarakat.

Bahkan, Kepala Desa (Kades) Embalut, Yahya Basri Markusin mengatakan, pihaknya telah memasuki masa tanam ke empat, serta telah berhasil membawa manfaat bagi para petani lokal di desanya.

Untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian jagung yang telah berjalan dengan baik memanfaatkan lahan pasca tambang ini. Yahya mengaku kini pihaknya tengah memesan bibit unggul dari Pulau Jawa.

“Ini saya telah memesan bibit jagung yang dapat menghasilkan empat sampai lima tongkol dalam satu pohon dari Jawa,” sebutnya, Sabtu (4/5/2024).

Nantinya, jika sudah tiba bibit jagung tersebut akan dibagikan kepada warga untuk ditanam di lahan pasca tambang yang ada di sana.

Yahya mengaku, pihaknya terus berupaya mendorong perkembagan pertanian jagung di desanya karena dinilai sejalan dengan program Bupati Kukar, Edi Damansyah. Yaitu, pengembangan pertanian dalam arti luas.

Ia juga berharap, produksi jagung yang terus dikembangkan di desanya dapat meningkat dengan pesat dan memberikan manfaat ekonomi yang baik bagi warga.

“Alhamdulilah sekarang menjual jagungnya juga sudah mudah dan banyak permintaan dari pasar. Semoga program ini bisa terus berkembang dan membawa mafaat bagi masyarakat,” tandasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #jagung #ketahanan-pangan #inovasi-pertanian #pemberdayaan-masyarakat 

Berita Terkait

IKLAN