Jumat, 18 Oktober 2024 11:08 WIB

Daerah

Genjot Produktivitas Pertanian, Bupati Kukar Serahkan Bantuan 20 Unit Hand Traktor untuk Poktan

Redaktur: Redaksi
| 95 views

Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat menyerahkan bantuan hand traktor kepada poktan. (Ist)

Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab) Kukar kekinian tengah gencar meningkatkan produktivitas sektor pertanian. Upaya ini merupakan komitmen Pemkab Kukar untuk meningkatkan produksi pangan demi mewujudkan cita-cita Kukar menjadi lumbung pangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kalimantan Timur.

Terbaru, Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan bantuan 20 unit hand traktor kepada kelompok tani (poktan) di Kukar. Bantuan ini merupakan bagian dari program Kukar Idaman untuk mendukung sektor pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Edi berharap, bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kukar. Ia juga mengatakan bahwa bantuan ini diberikan kepada kelompok tani, sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh angggota poktan.

“Karena selama ini para petani kita aktivitas kegiatan pertaniannya sudah berjalan dengan baik. Yang telah ditekuninya sekian lama, dan menjadi pekerjaan utama untuk penopang ekonomi keluarga sehari-hari,” ujarnya.

Edi juga mendorong para petani untuk mengakses permodalan melalui program Kredit Kukar Idaman. Program ini memberikan pinjaman tanpa bunga untuk para petani, nelayan dan peternak.

“Jadi kalau pagunya Rp 50 juta untuk satu kelompok, dan 1 kelompok itu ada 10 orang bisa pinjam sampai Rp 500 juta. Dengan anggunan keterangan lahan para petani yang digarap, dan jangan samapi ada kredit macet di tempat lain karena ini persyaratannya,” pinta Edi.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kukar itu mengakui bahwa salah satu kendala yang dihadapi petani adalah masalah pupuk. Pemkab Kukar melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanak) memang memberikan bantuan pupuk, namun jadwalnya tidak selalu sesuai dengan jadwal tanam petani.

“Jadi kami melakukan evaluasi yang berkaitan dengan bibit itu, kadang-kadang juga menjadi hambatan karena bibit yang dari Distanak jadwal pendistribusiannya kepada para petani juga tidak selalu sesuai dengan jadwal tanam," ujar Edi.

Untuk diketahui, 20 unit Hand Traktor itu dibagikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Poktan di Kecamatan Tenggarong, Loa Kulu, Loa Janan, Sebu, Muara Kaman, Kota Bangun Darat, dan Marang Kayu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0906 Kukar Letkol Czi Damai Adi Setiawan, Distanak Kukar Muhammad Taufik, Camat Loa Kulu Ardiansyah, para Kades serta perwakilan Bankaltimtara Cabang Tenggarong. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #bupati-kukar #pemkab-kukar #edi-damansyah #pertanian-kukar #kukar-idaman #kelompok-tani #prokom-kukar 

Berita Terkait

IKLAN