Selasa, 17 September 2024 03:35 WIB

Daerah

Dorong Peternakan Unggul di Tenggarong Seberang, Edi Damansyah Serahkan Bantuan 157 Kambing Boerawa

Redaktur: Redaksi
| 80 views

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, saat menyerahkan bantuan kambing boerawa. (Ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Pengembangan sektor peternakan terus dijalankan secara masif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) beberapa tahun belakangan ini. Hal ini tertuang dalam program ke-12 dedikasi Kukar Idaman yang menyebutkan Pembangunan Pertanian Berbasis Kawasan, salah satunya termasuk peternakan.

Sebagai wujud dari komitmen ini, Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyerahkan 157 ekor kambing Boerawa kepada empat kelompok tani di Desa Bukit Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kamis (1/8/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan benih/bibit ternak dan hijauan pakan ternak, serta pengawasan penggunaan sarana pertanian yang sumbernya berasal dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar 2024.

Dalam acara penyerahan bantuan tersebut, Edi Damansyah meminta agar bantuan kambing ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya meningkatkan kesejahteraan para peternak.

“Ini merupakan salah satu program dedikasi Kukar Idaman dalam rangka meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian masyarakat di Kukar sekaligus untuk meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan penghasilan keluarga,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kukar itu berharap bantuan kambing Boerawa yang telah diberikan dapat dipelihara dengan baik, dikembangkan populasinya, dan pada akhirnya menjadi ikon peternakan di Tenggarong Seberang.

Selain itu, ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kecamatan Tenggarong Seberang yang memiliki keinginan menjadi lumbung padi di Kaltim.

“Walaupun tanahnya banyak berlubang lubang akibat tambang batu bara, namun hasil pertaniannya sungguh luar biasa berkat kekuatan para petaninya serta kontribusinya sangat jelas untuk Kukar,” katanya.

Edi juga menekankan pentingnya mengangkat martabat profesi petani agar semakin banyak masyarakat yang tertarik dan bergelut di sektor pertanian sebagai salah satu pilar perekonomian keluarga.

Adapun bantuan yang diberikan tersebut sebanyak 157 ekor kambing Boerawa untuk 4 (empat) kelompok ternak kambing yang ada di Desa Bukit Raya Tenggarong Seberang yaitu Kelompok Usaha Bersama 39 ekor yang diterima ketuanya Riyanto, Kelompok Barokah 39 ekor diterima Sudarsono, Kelompok Berkah Mendo Jaya 39 Ekor diterima ketuanya Didik Suwardi dan kelompok Mendo Ettawa Joyo sebanyak 40 ekor yang diterima oleh M.Masum.

Edi Damansyah juga menyerahkan bantuan pupuk yaitu 5.000 Kg NPK Majemuk kepada Gapoktan Mitra Tani, 4500 kg Gapoktan Bukit Makmur, 375 benih padi Nutrizinc kepada Gapoktan Harapan Baru, Gapoktan Mekar Jaya, Pupuk NPK, benih padi, pupuk ecofarming sekaligus meninjau beberapa kandang kambing. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #kutai-kartanegara #peternakan #edi-damansyah #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN