Selasa, 17 September 2024 03:36 WIB

Daerah

Kukar Perkuat Sektor Perikanan, Wabup Serahkan Bantuan Ratusan Perahu dan Mesin untuk Nelayan

Redaktur: Redaksi
| 159 views

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, saat menyerahkan bantuan berupa mesin dan perahu untuk 14 KUB di Kecamatan Muara Badak dan Anggana. (Ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berkomitmen dalam mengembangkan sektor perikanan. Untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan, Pemkab Kukar memberikan bantuan berupa 218 unit peralatan perikanan kepada 14 kelompok nelayan di Muara Badak dan Anggana.

Penyerahan bantuan perikanan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menyerahkan bantuan alat tangkap kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB), di Dermaga baru Toko 5 Desa Muara Badak Ilir, Kecamatan Muara Badak, Jumat (9/8/24).

Rendi menyampaikan bahwa bantuan berupa mesin diesel, mesin ketinting, mesin aladin, dan perahu fiber ini diberikan untuk membantu sekitar 25.000 nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar agar dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pemkab Kukar yang tertuang dalam program Kukar Idaman, khususnya Dukungan Penyediaan Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap dan Budidaya bagi kelompok perikanan

“Program ini merupakan salah satu dari 23 program yang kami (Edi Damansyah-Rendi Solihin.red) janjikan, yang kami realisasikan dari tahun ke tahun hingga 2026,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor dua di Kukar itu menjelaskan bahwa meskipun Kukar kaya akan sumber daya alam minyak dan gas bumii, namun potensi sektor pertanian di daerah ini juga sangat besar.

Untuk itu, melalui program Kukar Idaman, pemerintah daerah terus mendorong pengembangan sektor pertanian. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan memberikan bantuan kepada para petani dan nelayan.

“Kami buktikan Kukar kaya dalam hal pertanian dalam arti luas, sudah banyak langkah nyata yang kami lakukan sejak 2021, terbukti hasil perikanan melimpah hingga kirim ke luar daerah,” ujarnya.

Melihat potensi sumber daya air yang melimpah di Kukar, Rendi optimis bahwa sektor pertanian, terutama perikanan, akan menjadi sektor andalan dalam pembangunan daerah.

“Beberapa tahun ke depan harapan kami 30 persen APBD dari sektor perikanan dalam arti luas, ini akan kita upayakan terus,” ujarnya optimistis.

Selain itu, kata Rendi Pemkab Kukar juga fokus terhadap konektivitas antar wilayah, yakni perbaikan atau pembangunan jalan dan jembatan terus dilakukan.

Rendi juga menuturkan pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan terus memperbaiki layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan. Salah satu contohnya adalah pembangunan rumah sakit di Muara Badak yang diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2025.

“Selain itu kami masih punya cita cita besar untuk wilayah pesisir yakni jabatan penghubung Sangasanga-Anggana bisa terlaksana, untuk konektivitas wilayah pesisir agar memudahkan transportasi dan perekonomian tentunya,” demikian pungkasnya. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #rendi-solihin #wabup-kukar #perikanan #kutai-kartanegara #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN