Selasa, 17 September 2024 03:29 WIB

Daerah

Resmikan Kawasan UMKM di Masjid Agung, Edi Damansyah Harap Masjid Lain Bisa Mencontoh

Redaktur: Redaksi
| 65 views

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, meresmikan kios UMKM di area Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Minggu (11/8/2024). (Ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, resmi membuka kawasan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta taman bermain anak di area Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Minggu (11/8/2024). 

Terdapat 16 kios UMKM yang telah diresmikan oleh Edi Damansyah. Kios-kios tersebut menjual berbagai macam makanan dan pakaian.

Bankaltimtara turut memberikan kontribusi dengan memberikan fasilitas seperti meja, kursi, payung, dan sarana fasilitas lainnya untuk para pelaku UMKM.

Pada kesempatan ini, Edi Damansyah juga mengapresiasi upaya pengurus masjid dalam mengembangkan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah rencana untuk mewujudkan salah satu fungsi kawasan masjid telah terlaksana. Fungsi masjid yang utama ada tiga yaitu sebagai pusat tempat peribadatan, tempat pemersatu umat dan masjid juga berfungsi untuk program pemberdayaan dalam hal ini para pelaku UMKM yang juga merupakan salah satu fokus program kerja Pemkab Kukar,” kata Edi.

Orang nomor satu di Kukar itu juga menyampaikan apresiasi kepada Bankaltimtara dan PT Multi Harapan Utama atas kontribusi mereka dalam mendukung program pemberdayaan UMKM.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Edi berharap Masjid Agung Sultan Sulaiman dapat menjadi contoh yang baik dalam pengembangan ekonomi mikro di Kukar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha.

Kepada seluruh pelaku UMKM yang telah mendapatkan fasilitas di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Edi berpesan agar mereka terus berusaha dengan tekun dan konsisten dalam mengembangkan usahanya.

“Jaga keamanan, kebersihan dan kenyamanan sehingga mampu menarik minat para pengunjung atau pembeli untuk berbelanja,” harap Edi Damansyah.

Program yang dicanangkan di Masjid Agung Sultan Sulaiman ini membuktikan bahwa kawasan masjid memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat.

Dengan demikian, diharapkan program serupa dapat dicontoh di masjid-masjid lain di seluruh wilayah Kukar untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Edi Damansyah juga mengajak pelaku UMKM memanfaatkan Kredit Kukar Idaman yang memberikan akses mudah bagi pelaku UMKM terhadap modal usaha tanpa agunan dan bunga 0%. Program ini merupakan program andalan Pemkab Kukar dengan menggandeng Bankkaltimtara.

Jalannya acara dirangkai dengan penyerahan bantuan Program Tanggung jawab sosial perusahaan kepada para pelaku UMKM di kawasan Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong oleh Pimpinan Bankaltimtara Cabang Tenggarong Eryuni Ramli Okol secara simbolis, juga penandatanganan berita acara Surat Permohonan Kredit Kukar oleh Pelaku UMKM kepada Bankaltimtara, yang disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kukar HM Bisyron. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #kutai-kartanegara #kukar-idaman #edi-damansyah #umkm #masjid-agung-sultan-sulaiman-tenggarong 

Berita Terkait

IKLAN