Selasa, 17 September 2024 03:36 WIB

Daerah

Meski Diiringi Rintik Hujan, Upacara Peringatan HUT RI ke-79 di Kukar Berlangsung Khidmat

Redaktur: Redaksi
| 97 views

Upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang berlangsung di halaman kantor Bupati, Kutai Kartanegara, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: Ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Guyuran rintik hujan tak menyurutkan semangat para petugas dan peserta upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pengibaran sang Saka Merah Putih yang bertempat di halaman kantor bupati, pada 17 Agustus 2024 ini, berjalan lancar dan khidmat.

Upacara yang mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" ini diawali dengan , kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah selaku Inspektur Upacara (Irup) pada kegiatan tersebut.

Peringatan detik-detik proklamasi diawali dengan bunyi sirine dan dentuman meriam sebanyak 17 kali dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua Sementara DPRD Kukar, Farida.

Sebelumnya, duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Jam Bentong menuju kawasan kantor bupati dengan iring-iringan kereta kencana.

Setelah pembacaan teks proklamasi, Bupati Kukar Edi Damansyah yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) memimpin mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka.

Paskibraka Kukar terdiri dari para pelajar SMA/Sederajat yang merupakan putra-putri terbaik Kukar dibawah asuhan Kesbangpol Kukar, serta pasukan 45 terdiri dari unsur TNI Polri dari Bataliyon Infrantri 611/Awang Long dan Polres Kukar.

Bertindak selaku Komandan Upacara ialah Perwira Seksi Operasi Kodim 0906 Kutai Kartanegara Kapten Kavaleri Auro Edi Zakari dan bertindak selaku Danpas (Komendan Pasukan) Paskibraka Pajau 2 Raipur Budhi Yonarmed 18/Buritkang Letda Arm Muhammmad Sayfriman.

Adapun anggota Paskibraka Kukar yang terpilih menjadi pembawa baki adalah Vira Alfida, asal sekolah SMAN 1 Marangkayu, yang merupakan putri dari pasangan bapak Bustam dan ibu Marna. Vira menerima langsung duplikat Bendera Merah Putih dari tangan Irup sebelum dibawa 

Adapun yang bertindak sebagai pengibar bendera merah putih ialah Muhammad Hasdam Abdillah siswa asal sekolah SMAN 2 Tenggarong, Guntur Zaki Permana asal sekolah SMAN 1 Muara Badak, serta Andra Julian Efendi asal sekolah SMAN 1 Muara Kaman.

Turut hadir pejabat dan tamu undangan pada upacara tersebut di antaranya Wakil Bupati Kukar H. Rendi Solihin, H. Adji Muhammad Arifin (Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura) serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #kutai-kartanegara #kukar-idaman #edi-damansyah #hut-ri-ke-79 

Berita Terkait

IKLAN