Selasa, 17 September 2024 02:17 WIB

Daerah

Andi Harun Utamakan Maju Pilwali Lewat Parpol, Klaim Sudah Kantongi 23 Kursi Parlemen

Redaktur: Redaksi
| 64 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Andi Harun memastikan dirinya kembali berlaga dalam Pemillihan Wali Kota (Pilwali) Samarinda 2024. Selain dukungan masyarakat dari jalur independen, Andi Harun mengeklaim sejumlah partai politik siap mendukungnya.

Andi Harun yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Samarinda itu menyebut dirinya telah mengantongi dukungan 23 kursi keterwakilan DPRD Samarinda. Hal tersebut dibenarkan langsung Andi Harun saat diwawancarai Wartawan, Senin (19/8/2024).

Kendati demikian, Andi Harun belum bisa membeberkan partai mana saja yang akan menjadi pengusungnya untuk Pilwali mendatang.

"Alhamdulillah, hari ini dapat kami sampaikan sudah mendapat dukungan 23 kursi parpol DPRD Samarinda, dan insha allah minggu ini akan bertambah lagi," tuturnya.

Politikus Partai Gerindra itu mengaku dukungan dari partai politik untuk dirinya masih berpotensi semakin bertambah di kemudian hari. Oleh karena itu, pihaknya memutuskan untuk menunggu sampai proses politik di internal partai selesai.

Sebagai informasi, Andi Harun mendapat dukungan 51.073 dari warga Kota Samarinda lewat jalur perseorangan Pilkada Samarinda 2024.

Dukungan tersebut menghantarkan Andi Harun ke gelanggang Pilkada Samarinda 2024.

Dalam rekapitulasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda, pasangan ini dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal yang ditetapkan yakni 45.332 orang.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Samarinda, Arif Rakhman mengungkapkan bahwa pasangan perseorangan berhasil mengumpulkan jumlah syarat dukungan untuk melanjutkan pencalonan di Pilkada Samarinda 2024 sebanyak 51.073 dukungan.

Dukungan tersebut tersebar di 10 kecamatan di Kota Samarinda.

Dari pantauan di Sekretariat KPU Samarinda, tak ada perwakilan tim Andi Harun yang menghadiri pleno penetapan jalur perseorangan Pilkada Samarinda 2024.

Dikonfirmasi terpisah, Tim Pemenangan Andi Harun untuk Pilkada Samarinda, Amir Husein menyatakan, bahwa pihaknya menyampaikan apresiasinya kepada warga Samarinda.

Apalagi kalau bukan, karena telah mempercayakan dukungannya kepada Andi Harun untuk maju di Pilkada Samarinda 2024 mendatang.

"Ini adalah fakta bahwa dukungan warga Samarinda merupakan bentuk penghargaan masyarakat kepada pemimpinnya yang dinilai berhasil membangun daerah," tuturnya.

"Memang harapan dan dukungan buat Andi Harun menjabat 5 tahun lagi sebagai wali kota Samarinda tak bisa dibendung betapa besarnya," sambungnya.

Namun Amir Husein memastikan, bahwa Andi Harun masih tetap memprioritaskan jalur partai politik untuk menuju gelanggang Pilkada Samarinda 2024.

"Pak Andi Harun sampai saat ini masih memprioritas mendaftar lewat jalur partai. Karena beliau menerima dukungan juga dari partai politik," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya percaya bahwa dukungan masyarakat di jalur perseorangan tak bakal sia-sia.

Justru hal tersebut jadi pondasi kuat saat kontestasi Pilkada Samarinda 2024 berlangsung. (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #andi-harun-maju-pilkada #pilwali-samarinda-2024 

Berita Terkait

IKLAN