Minggu, 15 September 2024 05:06 WIB

Daerah

Sunggono Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Berperan Aktif dalam Meningkatkan Literasi di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 50 views

Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono. (Istimewa)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, menghadiri acara diskusi buku dan peluncuran Inkubator Literasi Pustaka Nasional Kukar tahun 2024 di kantor Perpustakaan, Senin (26/8/2024).

Dalam sambutannya, Sunggono mengatakan bahwa literasi menjadi kunci menjadi kunci dalam pembangunan menuju peradaban yang lebih maju. Sejarah mencatat, bangsa-bangsa besar selalu lahir dari budaya literasi yang kuat.

 

“Diharapkan inkubator ini menjadi platform bagi para penulis, akademisi, praktisi dan masyarakat umum untuk berkarya, berdiskusi dan belajar bersama. Ini adalah wadah inklusif, di mana semua lapisan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mengambangkan kemampuan literasi mereka,” harapnya

Sunggono menuturkan, literasi tidak hanya sekadar membaca dan menulis, tetapi juga melibatkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis informasi, dan memahami konsep secara mendalam.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kukar terus berupaya meningkatkan indeks literasi. Sebab dengan literasi yang kuat, generasi inovatif dan kreatif akan tercipta, sehingga kualitas sumber daya manusia di Kukar juga akan meningkat.

“Saya mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi di daerah kita, pemerintah, akademisi, komunitas literasi, dunia usaha hingga masyarakat luas, semuanya memiliki peran penting," ajaknya.

Lebih lanjut, Sunggono menegaskan pentingnya inovasi dan kerja sama dalam memajukan literasi di era serba digital saat ini. Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak berkolaborasi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi guna memperluas akses terhadap informasi dan pengetahuan. 

“Mari kita ciptakan konten-konten yang edukatif dan menarik yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan agen perubahan di masa depan,” pungkasnya.

Dalam kesepmatan ini, hadir sebagai narasumber Pemimpin Redaksi Perpusnas Press Edi Wiyono, Duta Literasi Nasional Gola Gong, dan Budayawan/sastrawan Kaltim Syafruddin Pernyata. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #sunggono #sekda-kukar #pemkab-kukar #literasi #literasi-kukar #kukar-idaman #kutai-kartanegara 

Berita Terkait

IKLAN