Kamis, 09 Mei 2024 11:06 WIB

Daerah

Angka Kematian Covid-19 di Samarinda Bertambah Lagi, Rayakan Pergantian Tahun di Rumah Saja

Redaktur:
| 2.412 views

Petugas saat melakukan proses pemakaman jenazah sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. (Sumber : Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda melakukan proses pemakaman jenazah terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kota Samarinda Ifran menyebut ada tiga jenazah yang dimakamkan di Taman Pemakaman Raudlatul Jannah di Jalan Serayu RT 20, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara.

"Ada tiga jenazah yang hari ini kami harus makamkan dengan protokol Covid-19," ungkapnya kepada awak media usai pemakaman, Selasa (29/12/2020).

Ifran merinci, dua jenazah berasal dari RSUD Abdul Wahab Syahranie dan satu lagi berasal dari RS Samarinda Medika Citra.

"Dua jenazah dari RSUD AWS berjenis kelamin laki-laki beragama Islam, satu jenazah lagi dari RS SMC berjenis kelamin perempuan beragama Budha akan dimakamkan dengan cara kremasi," urainya.

Hingga saat ini BPBD mencatat sebanyak 328 orang telah dimakamkan di pemakaman khusus pasien Covid-19 baik secara penguburan maupun secara kremasi.

Memasuki bulan terakhir di tahun 2020 lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19.

"Terjadi jumlah yang signifikan dari pasien yang dirawat inap, isolasi mandiri maupun yang meninggal dunia," bebernya.

Sebab itu, Ifran mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan gerakan 4M guna menghindari penyebaran virus yang luas lagi.

"Untuk itu kami menghimbau seluruh warga samarinda agar tetap menerapkan 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," harapnya.

Sementara itu, jelang perayaan pergantian tahun BPBD turut menghimbau masyarakat Samarinda agar dapat merayakan pergantian tahun di rumah bersama keluarga.

"Demi menghindari resiko penularan Covid-19 dan dapat selalu menjaga orang-orang tercinta dari bahaya ancaman Covid-19," tutupnya. 

Editor : M.Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #covid-19 #samarinda #pemakaman-jenazah-covid-19 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler