Minggu, 19 Mei 2024 02:16 WIB

Daerah

Program Ramadhan Muhammadiyah Balikpapan, Dari Safari Dakwah hingga Takjil on the Road

Redaktur:
| 2.286 views

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Balikpapan

Balikpapan, Afiliasi.net - Dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan, rupanya Muhammadiyah Balikpapan telah menyiapkan beberapa program ramadhan yang akan dijalankan untuk satu bulan ke depan.

Program-program tersebut antara lain adalah program di bidang dakwah dan agama serta program di bidang sosial.

Drs. Muhammad Hendro, M.Pdi. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Balikpapan menjelaskan tidak ada program ramadhan yang ditiadakan untuk tahun ini. Sebab pihaknya berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran Kementerian Agama dan Wali Kota Balikpapan.

Untik kegiatan di bidang dakwah dan agama, Hendro menjelaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan ibadah sholat tarawih secara berjamaah di masjid. Kemudian juga menggelar tausiyah di tiap masjid.

Selanjutnya, program safari dakwah pun tetap dijalankan untuk tahun ini yang akan dihadiri oleh pimpinan daerah sekaligus melakukan buka bersama.

“Kita mengundang masyarakat sekitar baik Muhammadiyah atau tidak. Kemudian kita akan sampaikan tausiyah sekitar 15 menit sebelum maghrib kemudian buka bersama dan sholat maghrib, lalu dilanjutkan tarawih berjamaah,” kata Hendro, Selasa 13 April 2021.

Untuk kegiatan tadarus Al-Qur’an, Hendro membeberkan tidak ada arahan khusus dari pimpinan pusat. Sebab tadarus bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Kegiatan Nuzulul Quran rupanya jarang dilaksanakan oleh Muhammadiyah Balikpapan. Hendro menjelaskan biasanya pihaknya hanya melaksanakan malam Nuzulul Quran sama seperti malam ramadhan lainnya. Tidak ada kegiatan mengundang penceramah dari luar maupun lokal.

“Kita selama pandemi juga tidak pernah mengundang penceramah dari luar, biasanya ada dari pusat.

Sedangakan untuk kegiatan sosial, Muhammadiyah Balikpapan bekerjasama dengan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) untuk menyantuni fakir miskin, anak yatim dan lainnya. Program ini pun telah dijalankan meski tidak dalam kondisi bulan Ramadhan.

Kegiatan sosial berikutnya adalah takjil on the road. Muhammadiyah Balikpapan bekerjasama dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Pimpinan Pemuda Muhammadiyah untuk membagikan takjil kepada pengendara di jalan serta sekelompok orang di suatu tempat. Ini akan dilakukan kurang lebih tiga kali selama ramadhan.

Yang terakhir adalah kegiatan penghimpunan zakat di penghujung ramadhan. Nantinya, Muhammadiyah Balikpapan akan memberikan seluruh zakat yang terkumpul kepada orang-orang yang berhak menerima bantuan tersebut.

Seluruh program Muhammadiyah Balikpapan ini, Hendro memastikan semua kegiatan tentu akan dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.


TOPIK BERITA TERKAIT: #muhammadiyah-balikpapan #ramadhan-2021 

Berita Terkait

IKLAN