Kamis, 09 Mei 2024 07:31 WIB

Daerah

Tradisi Unik Gang Buntu Squad di Balikpapan, Bangunkan Sahur Pakai Gamelan hingga Jaranan

Redaktur: M. Yusuf
| 2.445 views

Gang Buntu Squad saat membangunkan masyarakat untuk sahur (istimewa)

Balikpapan, Afiliasi.net - Di bulan ramadhan ini sering ditemui masyarakat yang berkeliling kampung menjelang waktu sahur untuk membangunkan masyarakat lainnya. Termasuk di Balikpapan, sekelompok remaja di kawasan Gang Buntu, Balikpapan Tengah ini memiliki cara unik tersendiri untuk membangunkan masyarakat.

Kelompok yang diberi nama Gang Buntu Squad ini membangunkan masyarakat menggunakan musik jaranan lengkap dengan pakaiannya.

Masyarakat lainnya pun merasa terhibur dengan adanya cara unik membangunkan orang sahur ini, salah satunya Apriyanto yang turut mengabadikan momen tersebut melalui gawainya.

"Senang banget ada beginian. Selain terbantu untuk bangun sahur, kami juga terhibur," ucap Andrianto, warga RT 44 Kelurahan Karang Rejo.

Sudah sejak 2016 Gang Buntu Squad ini menumpahkan kreativitasnya setiap menjelang waktu sahur. Tema yang ditawarkan pun berbeda-beda. Bahkan di awal ramadan tahun 2021 ini mereka sempat menggunakan alat musik tradisional seperti gamelan.

"Ganti-ganti, temanya juga menyesuaikan. Kesepakatan teman-teman aja. Kadang tradisional, kadang seperti suporter bola, jaranan, pakaian muslim, dan lain-lain," ujar Azit, yang juga tergabung dalam Gang Buntu Squad.

Untuk memberikan kesan unik dengan menampilkan tema yang berbeda setiap malamnya, tak jarang mereka pun menyewa sejumlah peralatan untuk menambah keseruan. Namun tidak jarang juga mereka memanfaatkan alat seadanya seperti gentong.

Aktivitas ini pun mendapat respon positif dari masyarakat. Remaja lainnya, Erno Adi Saputra menjelaskan hingga saat ini warga tidak ada yang melarang mereka melakukan kegiatan tersebut


"Malah warga senang dan nyuruh kita lewat terus. Ya kita senang aja bisa bangunin sahur orang-orang, anggap saja membantu di bulan puasa begini," pungkasnya.


TOPIK BERITA TERKAIT: #tradisi-unik #gang-buntu-squad #sahur 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler