Rabu, 19 Juni 2024 08:18 WIB

Kuliner

Catat! Hindari Makanan dan Minuman Jenis Ini Saat Sahur Kalau Tidak Mau Lemas di Siang Hari

Redaktur: Redaksi
| 418 views

Ilustrasi menu sahur. (Image by freepik)

Afiliasi.net - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan puasa ini, umat Islam menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Sebelum berpuasa selama kurang lebih 13 jam, umat Islam akan melakukan sahur terlebih dahulu agar tak lemas saat berpuasa. Oleh sebab itu, memilih apa saja yang dikonsumsi saat sahur sangat penting untuk keberlangsungan puasa kita.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur agar puasa menjadi lebih nyaman:

1. Makanan Tinggi Gula

Makanan dan minuman manis seperti kue, permen, sirup, dan jus tinggi gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Hal ini dapat membuat rasa lemas dan lapar lebih cepat.

2. Makanan Tinggi Lemak

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan, fast food, dan daging berlemak sulit dicerna. Alhasil, makanan berlemak dapat menyebabkan rasa begah dan mual.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan heartburn, terutama saat perut kosong.

4. Makanan Asin

Makanan asin seperti keripik, acar, dan makanan kaleng dapat meningkatkan rasa haus dan dehidrasi. Sebaiknya batasi konsumsi makanan asin saat sahur agar tidak dehidrasi selama berpuasa.

5. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan makanan siap saji umumnya tinggi pengawet, MSG, dan zat aditif lainnya yang tidak baik untuk kesehatan.

6. Minuman Berkafein

Jika kamu berencana tidur lagi setelah sahur, maka sebaiknya jangan meminum kopi atau teh. Sebab, kedua minuman tersebut mengandung kafein yang dapat membuat matamu sulit terpejam.

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda tinggi gula dan karbonasi dapat menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

8. Minuman Isotonik

Minuman isotonik memang baik untuk rehidrasi, namun sebaiknya dikonsumsi setelah berbuka puasa saat tubuh membutuhkan elektrolit. Hindari minuman isotonik saat sahur karena dapat menyebabkan diare. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #sahur #tips-sahur #makanan-dihindari-saat-sahur #menu-sahur #bulan-ramadan 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler