Rabu, 15 Mei 2024 03:56 WIB

Daerah

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Balikpapan Lakukan Pengecekan Acak dan Berlapis

Redaktur: M. Yusuf
| 1.699 views

Pemeriksaan acak terhadap penumpang di Bandara SAMS Sepinggan. (ist)

Balikpapan, Afiliasi.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Satgas Covid-19 terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. Terbaru, tiap penumpang yang masuk melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan di cek secara acak menggunakan rapid antigen.

"Skrining sudah cukup baik, baik dari tempat keberangkatan maupun di sini," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota, Andi Sri Juliarty pada Kamis 20 Mei 2021. 

Andi Sri Juliarty atau karib disapa dr Dio itu menerangkan, ada 19 penumpang yang menjalani pemeriksaan Covid-19 secara acak. Tes secara acak ini ditujukan bagi penumpang yang sebelumnya menggunakan GeNose sebagai syarat perjalanan dan untuk memastikan bahwa penumpang yang telah tiba di Balikpapan tidak terpapar Covid-19 selama penerbangan.

Langkah tersebut, dipastikannya untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Beriman saat arus balik Idulfitri 2021.

"Hasilnya, dari 19 penumpang yang dieperiksa, tidak ditemukan penumpang yang positif Covid-19," ungkapnya. 

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi membeberkan akan melakukan hal serupa di Pelabuhan Semayang pada Jum'at 21 Mei besok.

Untuk mengantisipasi penumpang yang mengaku akan melanjutkan perjalanan ke kota lain namun ternyata tujuannya adalah Balikpapan, Rizal menegaskan penumpang tersebut tetap akan dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen oleh Satgas Covid-19 di tingkat RT.

"Kalau dia lolos di bandara tetap saja akan dipantau oleh Satgas Covid-19 di RT," tutupnya.


TOPIK BERITA TERKAIT: #bandara-sams-sepingan-balikpapan #andi-sri-juliarty #rizal-effendi #covid19-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN