Sabtu, 18 Mei 2024 02:01 WIB

Daerah

Efek Vaksin Moderna Lebih Terasa, Berikut Cara Mengatasinya

Redaktur: Fera
| 1.087 views

Ilustrasi vaksinasi (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Sebagian masyarakat mengeluhkan efek vaksin Moderna yang dinilai cukup terasa. Beberapa di antaranya bahkan merasakan demam.

Dika Adityas,salah satu penerima vaksin jenis Moderna merasakan efek setelah vaksin atau dikenal dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pada dirinya seperti demam dan nyeri tulang.

"Saya juga merasa nyeri di lengan, tepat di sekitar bekas jarum suntik," kata Dika pada Presisi.co, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Dika menyebut, KIPI yang ia rasakan tidak langsung pada hari ia mendapat suntikan vaksin. Tetapi sehari setelahnya.

"Tapi ketika sudah merasa demam langsung minum paracetamol biar agak reda," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty tidak menampik KIPI yang dirasakan sebagian masyarakat. Sebab, efikasi dari vaksin jenis Moderna sendiri mencapai 94 persen.

"Kami sudah dapat informasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan Kementerian Kesehatan kalau efikasi Moderna lebih tinggi. Untuk itu tubuh kita melakukan upaya pembentukan antibodi yang lebih menimbulkan efek, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, atau nyeri di tempat suntikan," ungkapnya.

Wanita yang akrab disapa Dio ini menyebut KIPI yang dirasakan masyarakat biasanya berlangsung selama dua hari.

"Tapi ada juga yang tidak merasakan efek apa-apa, atau minim. Hampir 2 minggu kita jalankan Moderna belum ada laporan KIPI yang berat," imbuhnya.

Untuk mengatasi KIPI yang dirasakan, lanjut Dio, masyarakat diminta untuk mengonsumsi air putih yang banyak dan istirahat yang cukup.

"Ketika saya divaksin Moderna saya minumin air putih banyal-banyak alhamdulillah tidak mendapat efek KIPI. Itu langsung saya informasikan ke teman-teman tenaga kesehatan lain dan mereka tidak merasakan efek KIPI yang berat," terangnya.

"Kecuali tidak tahan boleh meminum jenis paracetamol," pungkasnya. (*)

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #cara-atasi-efek-vaksin #vaksin-moderna #andi-sri-juliarty #vaksin-covid-19 

Berita Terkait

IKLAN