Minggu, 05 Mei 2024 11:06 WIB

Daerah

Terkendala Jaringan Internet, Tak Semua Ujian di Balikpapan Digelar Online

Redaktur: M. Yusuf
| 1.624 views

Sejumlah guru SDN 003 Balikpapan Kota yang sedang melaksanakan pengawasan ujian sekolah (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Terhitung mulai hari ini, Senin 24 Mei 2021 seluruh Sekolah Dasar di Balikpapan melaksanakan ujian sekolah. Pelaksanaannya pun dengan berbagai sistem, ada yang luring, ada yang daring dan ada yang campuran keduanya.

Seperti di SDN 003 Balikpapan, dari pantauan Afiliasi.net, sejumlah guru memantau ujian sekolah melalui perangkat laptop karena pelaksanaan ujian sekolah dilakukan secara daring.

"Khusus SDN 003 kita lakukan secara daring karena kesepakatan dari wali murid," ungkap Kepala Sekolah SDN 003, Puji Sadarani.

Namun, sejumlah opsi alternatif pun turut disiapkan pihak sekolah seperti menyediakan fasilitas jika sewaktu-waktu ada siswa yang terpaksa melaksanakan ujian secara tatap muka.

"Kita siapkan soal secara fisik juga di sekolah kalau mereka ada kendala," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Muhaimin menyebut bahwa ada 11.435 siswa yang mengikuti Ujian Sekolah SD.

"Ini terdiri dari 184 sekolah dasar negeri maupun swasta. Dengan rincian 57 sekolah melakukan ujian secara daring murni, 64 sekolah luring murni dan 63 secara campuran," ucapnya.

Muhaimin menjelaskan, banyak SD di wilayah Kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur yang melakukan ujian secara tatap muka karena terkendala jaringan.

"Jadinya mereka lakukan secara daring," ucapnya.

Kendati demikian, Muhaimin menyebut jika dirinya belum sama sekali menerima keluhan, baik dari pihak sekolah atau orang tua siswa sejak ujian sekolah dimulai.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #ujian-sekolah-di-balikpapan #muhaimin #ujian-daring 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler