Selasa, 22 Oktober 2024 12:53 WIB

Daerah

Kasus Covid-19 Menanjak Naik, Dinkes Samarinda Minta Fasilitas Umum Diperketat

Redaktur: M. Yusuf
| 1.778 views

Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kusasih. (ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Dinas Kesehatan Kota Samarinda mencatat tambahan sebanyak 90 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam kurun waktu tiga hari terakhir, sejak 22 hingga 24 Juni 2021 ini. 

Walau terjadi peningkatan kasus yang cukup signifikan, namun Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Samarinda, Ismed Kusasih menyatakan jika penambahan kasus saat ini masih terkendali. 

Dikatakan Ismed, peningkatan kasus Covid-19 tak hanya terjadi di Samarinda, tapi secara umum terjadi secara nasional.

“Ya seluruh Indonesia, lagi naik kasusnya,” kata Ismed, Kamis 24 Juni 2021 malam. 

Mengantisipasi lonjakan kasus dan masuknya varian delta Covid-19 di Kota Tepian, lanjut Ismed, diminta agar warga kembali memperketat disiplin dalam hal protokol kesehatan. Terutama, di area perkantoran dan fasilitas umum.

“Cara terbaik menekan kasus tetap perkuat 3T dan di hulu pengetatan prokes,” imbaunya.

Ismed berpendapat, rencana pembukaan kawasan tepian seperti yang direncanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda hendaknya dibarengi dengan kepastian disiplin pedagang dan pengunjung dalam menerapkan protokol kesahatan. 

Ismed mewanti-wanti agar lonjakan kasus seperti yang pernah terjadi menjelang akhir 2020 lalu tidak terulang.

“Bulan 11 pernah diangka 70 persen. Kenaikan ini masih dalam tahap terkendali,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Ismed, dirinya menyerahkan seutuhnya kebijakan pengendalian kasus corona kepada Satgas Covid-19, yang diketuai langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

“Kalau masalah di hulu (pelanggaran prokes) bisa langsung melalui Satgas Covid-19. Dinas Kesehatan fokus penanganan 3T dan proses vaksinasi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dari enam fasilitas karantina di Samarinda, terisi 54 tempat tidur dari total 183 tempat tidur yang disiapkan atau sekitar 29,51%. Penambahan ini sendiri, berbeda di pekan sebelumnya, yang mana saat itu tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19, hanya 35 orang atau 19,13%.

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #dinas-kesehatan-samarinda #ismed-kusasih #varian-delta-covid19 

Berita Terkait

IKLAN