Jumat, 17 Mei 2024 09:58 WIB

Daerah

Kasus Covid-19 Balikpapan Melonjak, Keterisian Rumah Sakit Tembus 90 Persen

Redaktur: M. Yusuf
| 1.530 views

Wisma atlet di dalam kawasan Stadion Tenis Indoor Balikpapan yang dijadikan sebagai alternatif tempat perawatan. (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Tingkat keterisian rumah sakit di Balikpapan mencapai 90 persen. Pemkot Balikpapan pun memutar otak untuk mencari tempat alternatif lainnya.

Sebelumnya, pemkot Balikpapan hendak menunjuk Rumah Sakit Bersalin Kasih Bunda sebagai tempat alternatif tambahan untuk menangani pasien covid-19. Namun rupanya, berdasarkan keterangan Camat dan Lurah setempat, masyarakat di sekitar rumah sakit belum siap.

"Jadi kita cari lagi dan ketemu ini. Sementara ya baru satu ini tempat alternatifnya," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Jum'at 9 Juli 2021.

Pilihan pun jatuh ke wisma atlet yang berlokasi di dalam kawasan Stadion Indoor Tenis di Jalan Asnawi Arbain. Di sana, setidaknya terdapat sekitar 13 kamar. Satu kamar terdiri dari dua tempat tidur. Sehingga totalnya pasien yang bisa ditampung diperkirakan mencapai 26 orang.

Saat melakukan peninjauan siang tadi, dokter yang akrab disapa Dio ini menyebutkan bahwa pemanfaatan wisma atlet ditujukan bagi pasien yang bergejala sedang.

"Ini disediakan alternatif untuk pasien yang bergejala sedang tetapi tidak bisa ke rumah sakit karena penuh," ungkapnya.

Wisma atlet ini rupanya bukan bersifat rumah sakit darurat. Sebab rumah sakit darurat harus diputuskan oleh gubernur. Nantinya, jika rumah sakit di Balikpapan benar-benar over kapasitas, baru lah wisma atlet ini akan digunakan. "Daripada di UGD rumah sakit tapi dirawat di kursi roda, mending di sini," jelasnya.

Untuk menunjang perawatan, pemkot pun akan merekrut tenaga kesehatan yang akan bertugas di wisma atlet ini. Jumlahnya tergantung ketersediaan tempat tidur. "Harus 4 shift, 1 shift biasanya 4 orang," terangnya.

Nantinya, pemanfaatan wisma atlet ini juga akan didukung dengan alat kesehatan yang sama dengan di rumah sakit. "Ya paling tidak untuk pertolongan pertama ada infus set dan oksigen," bebernya.

Di sisi lain, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjend TNI Heri Wiranto mengaku pihaknya siap membantu pemkot dalam memberikan fasilitas tempat isolasi bagi pasien covid-19 di Balikpapan.

"Dodikjur di Manggar yang ada 300 tempat tidur siap digunakan kalau sewaktu-waktu sangat diperlukan," tegasnya.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #wisma-atlet-balikpapan #kasus-covid-19-balikpapan #andi-sri-juliarty #kapasitas-rumah-sakit 

Berita Terkait

IKLAN