Senin, 29 April 2024 01:23 WIB

Advetorial

Sambut Pemindahan IKN, Komisi III DPRD Samarinda Harapkan Tata Kelola Efektif Serta Kesiapan SDM

Redaktur: Rahmadani
| 816 views

Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Markaca. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur terus mendapat respon positif, seperti yang diutarakan oleh anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Markaca. 

Ditemui awak media, politisi asal Fraksi Partai Gerindra itu menyebutkan jika pemindahan IKN dapat dinilai sesuai dengan wilayah Kaltim yang begitu luas. Pun demikian dampaknya terhadap pembangunan kabupaten/kota di Kaltim sebagai penyangga IKN Nusantara nantinya. 

"Yang jelas ini perubahan yang luar biasa untuk Kaltim, terutamanya kabupaten dan kota yang menjadi penyangga," sebut Markaca saat ditemui, Selasa, 15 Februari 2022. 

Dengan demikian, Markaca mengharapkan agar sejak dini seluruh elemen masyarakat dipersiapkan oleh Pemkot Samarinda dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Agar, ketika IKN Nusantara hadir masyarakatnya sudah berdaya saing. 

"Kalau dulu semua ada di Jakarta, sekarang akan berpindah di Kaltim, dari situ saja kita bisa berfikir bahwasanya peluang besar itu akan bisa dimanfaatkan dengan baik," ungkapnya. 

Markaca menerangkan, berdasarkan aturan Kaltim memang telah ditetapkan sebagai IKN dengan dikeluarkannya UU IKN, walau regulasi tersebut secara khusus mendapat sanggahan akademis. Namun yang terpenting bagi Markaca, pemindahan IKN harus harus memperhatikan tata kelola ruang mengingat Pulau Kalimantan sebagai paru-paru dunia. 

"Jadi untuk wilayah yang terbilang masih hijau itu harus dikelola secara efektif. Jangan sampai saat pembangunan IKN, ikon Kaltim sebagai paru paru dunia itu hilang. Itu lagi yang harus lebih diperhatikan lagi untuk ke depannya," jelasnya. 

Akan hal tersebut, Markaca menegaskan dirinya tetap menyambut baik pemindahan IKN ke Kaltim. Pun perencanaan bersama Pemkot Samarinda untuk mewujudkan Samarinda sebagai pusat peradaban bakal dilakukan. 

"Intinya saya menyambut baik, dan juga bakal ada perencanaan yang sedemikian rupa untuk tata ruang kota Samarinda yang bakal jadi pusat peradaban," pungkasnya. (*)

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #ikn-nusantara #markaca #dprd-kota-samarinda #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN