Senin, 13 Mei 2024 04:11 WIB

Daerah

Zairin Zain Terpilih Jadi Ketua KONI Kaltim Secara Aklamasi, Zulkarnain: Terserah saja

Redaktur: Rahmadani
| 805 views

Kabid Humas KONI Kaltim, Zulkarnain saat diwawancari awak media pada Selasa, 15 Februari 2022. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Terpilihnya Zairin Zain secara aklamasi sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim periode 2022-2026 dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Kaltim, menuai respon dari pihak dalam KONI Kaltim sendiri. 

Diketahui, Musorprov tersebut diadakan di Kantor Gubernur Kaltim oleh Forum Olahraga Kalimantan Timur (Forkot) dan dihadiri pula oleh 22 Cabang Olahraga (Cabor) serta KONI Balikpapan pada Selasa, 15 Februari 2022. 

Menanggapi terpilihnya Zairin Zain secara aklamasi tersebut, Kabid Humas KONI Kaltim, Zulkarnain menyebutkan jika hal itu tidak dapat diakui. 

"Terserah aja mau apa, awalnya kan dia memang mau bikin itu musyawarah olahraga Kaltim, terserah saja, siapa saja kan boleh bikin acara begitu," ucapnya kepada awak media saat dikonfirmasi, Selasa, 15 Februari 2022. 

Sedangkan terkait dengan Zairin Zain yang mengaku jika dirinya terpilih sebagai Ketua KONI Kaltim periode 2022-2026, Zulkarnain menerangkan jika pihaknya tak juga menganggap hal tersebut ilegal maupun legal. 

"Kalau belakangan ini dia mengklaim sebagai ketua KONI Kaltim ya terserah saja. Untuk menjadi ketua KONI Kaltim itu kan harus ada pengakuan dan legalitasnya ya," katanya. 

Akan hal tersebut, Zulkarnain mengungkapkan pihak KONI Kaltim pun akan segera mengambil langkah berkenaan dengan kontestasi pemilihan Ketua KONI Kaltim periode 2022-2026 tersebut. 

"Tentunya nanti KONI Kaltim akan mengambil langkah strategis, karena kan, dia mengklaim sebagai ketua KONI Kaltim. Ini juga sekarang lagi berlangsung rapat pimpinan," bebernya. 

Disinggung terkait apakah terpilihnya Zairin sebagai Ketua KONI Kaltim merupakan sebuah pelanggaran, Zulkarnain tak memberikan respon lebih lanjut. 

"Saya tidak menanggapi itu yang pasti nanti ada sikap dari KONI Kaltim. Karena pertanyaannya forum itu boleh apa tidak memilih ketua KONI Kaltim? Kan, itu," sebutnya. 

Untuk diketahui, sebelumnya KONI Kaltim sendiri menjadwalkan Musyawarah Provinsi (Musprov) terkait dengan pemilihan calon ketua KONI Kaltim yang akan digelar pada tanggal 22 Februari 2022 mendatang. 

Dikonfirmasi terpisah, Zairin Zain kepada awak media mengaku pelaksanaan Musorprov KONI Kaltim di kegubernuran Kaltim pagi tadi itu memang dilaksanakan di luar dari agenda yang telah ditetapkan oleh KONI Kaltim berdasarkan hasil Rakerprov di Hotel Aston pada Sabtu, 29 Januari 2022 lalu. 

"Kita membuat agenda sendiri karena memang seperti yang disampaikan panitia tadi, insiden yang terjadi pada saat Rakerprov ya mungkin kita tidak berani untuk masuk ke dalam kegiatan itu karena ditakutkan akan terulang lagi," ungkap Zairin. 

Dalm sambutanya, Zairin mengaku ingin mengakomodir kebutuhan tiap pengurus KONI Kaltim yang tersebar di 10 kabupaten/kota, pengurus cabang olahraga, serta badan fungsional. Ia meyakini, sinergi kepengurusannya ke depan akan membawa KONI Kaltim menjadi lebih baik. 

"Sinergi itu bertujuan jika ada daerah-daerah yang mana ada berkembang olahraga itu yang kita tangkap (rangkul) dan mana yang belum berkembang itu yang kita bina," ucapnya. 

Zairin sekaligus menegaskan, jika hasil Musorprov pagi tadi adalah benar menetapkan dirinya sebagai ketua KONI Kaltim. 

"Ya kan yang dipilih itu kan ketua KONI Kalimantan Timur," tegasnya. 

Pelaksanaan Musorprov ini juga dikatakan Zairin dihadiri oleh pengurus dari 22 cabang olahraga dan KONI Balikpapan. 

"Walaupun nanti mereka hadir pada Musprov KONI Kaltim tanggal 22, dan semoga cabor yang sudah mendukung kita tetap di posisinya," harapnya. (*)

Penulis : Vicky 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ketua-koni-kaltim-2022-2026 #zairin-zain #koni-kaltim #zulkarnain #kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN