Kamis, 02 Mei 2024 05:55 WIB

Advetorial

Ketika Indeks Literasi Digital Kaltim Melesat ke Peringkat 3 Nasional

Redaktur: Bella
| 627 views

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal.

Samarinda, Afiliasi.net – Pengetahuan dan kecakapan bermedia digital merupakan pengetahuan yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), bahkan menilai literasi digital tidak hanya kecapakan yang melibatkan perangkat teknologi. Tetapi melibatkan kemampuan untuk dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, dan kreatif.

Rabu, 23 Februari 2022, Data terakhir menunjukan bahwa kondisi literasi digital Kaltim saban hari semakin baik. Berdasarkan Indeks Literasi Digital (ILD) Nasional 2021, Kaltim menduduki posisi ketiga dari total 34 Provinsi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal, bahkan mengatakan poin Kaltim dalam pemeringkatan tersebut berada di atas rata-rata, jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Alhamdulillah, Provinsi Kaltim memperoleh skor 3,62 masuk diperingkat ketiga diatas rata-rata nasional 3,46,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengumumkan hasil ILD 2021 akhir Januari lalu. Dalam menentukan ILD Nasional, Kemenkominfo melakukan survey langsung secara tatap muka dengan melibatkan 10 ribu esponden berusia 13-70 tahun yang tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Faisal menyebut, peningkatan peringat ILD dapat diartikan sebagai meningkatnya pemahaman masyarakat Kaltim terhadap dunia digital. Namun, ia menjelaskan Kaltim tidak boleh cepat puas.

“Kita harus terus berupaya meningkatkan persoalan literasi digital ini terutama setelah menjadi IKN ini. Cukup waktu dua tahun lagi mempertinggi skor ini. Karena, IKN pula maka transformasi digital semakin dipercepat, hal ini harus pula berimbang dengan percepat literasi digital nantinya,” imbuh Faisal.

 

Sebagai informasi, Berikut hasil ILD sepuluh besar nasional dengan skor literasi tertinggi 2021:

1. DIY 3,71

2. Kepulauan Riau 3,68

3. Kalimantan Timur 3,62

4. Sumatera Barat 3,61

5. Gorontalo 3,61

6. Papua Barat 3,61

7. Nusa Tenggara Timur 3,60

8. Kalimantan Barat 3,58

9. Aceh 3,57

10. Kalimantan Utara 3,57


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #literasi #literasi-digital 

Berita Terkait

IKLAN