Selasa, 07 Mei 2024 06:51 WIB

Daerah

Unik, Lapas Kelas IIA Samarinda Buat Pelatihan Barista Bagi Warga Binaannya

Redaktur: Rahmadani
| 1.106 views

Lapas Kelas IIA Samarinda saat menggelar pelatihan barista bagi warga binannya, Kamis, 24 Februari 2022. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Sebagai bentuk membangun kepribadian agar menjadi lebih baik serta mandiri saat keluar dari masa binaan, sebanyak 20 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Samarinda mendapatkan pelatihan Barista. 

Hal ini dikatakan Kalapas Kelas IIA Samarinda, Moh. Ilham Agung Setyawan sebagai bentuk sarana pelatihan kemandirian bagi para warga binaannya. 

"Nantinya setelah pelatihan ini selesai, setiap warga binaan yang mengikuti pelatihan itu mendapatkan sertifikat sebagai alat yang bisa mereka gunakan ketika keluar. Entah unutk membuka usaha ataupun bekerja," ucapnya kepada awak media, Kamis, 24 Februari 2022. 

Pelatihan barista itu sendiri, sebut Ilham, memang kerap dilakukan setiap bulannya selama sepekan penuh. Pihak Lapas Samarinda disebutnya juga bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Samarinda sejak 2019 silam. 

"Jadi nantinya sertifikat itu dikeluarkan langsung oleh LPK," sambungnya. 

Dari pelatihan Barista ini menurut Ilham, banyak warga binaan yang tertarik untuk mengikuti lantaran profesinya yang merupakan trend baru di Kota Tepian, sehingga warga binaan pun antusias mengikuti pelatihan Barista. 

"Mereka sangat antusias sekali. Karena sekarang kan, Barista sedang trend di Samarinda. Jadi seandainya nanti mereka telah bebas mereka bisa membuka usaha sendiri ataupun bekerja," jelasnya. 

Tak hanya pelatihan Barista, Ilham Juga menerangkan bahwa ada berbagai pelatihan juga yang diberika pihak Lapas Samarinda kepada warga binaannya. 

"Jadi ada Barbershop, Sablon Gelas, Teknisi AC, dan lainnya. Dan itu selalu kita gelar setiap bulannya. Kami berharap setelah mereka bebas nanti mereka tidak kembali melakukan pelanggaran di luar sana," pungkasnya. (*)

Penulis : Vicky 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pelatihan-barista-warga-binaan-lapas #samarinda #lapas-kelas-iia-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler