Sabtu, 27 April 2024 05:59 WIB

Advetorial

Misi Besar Dispar Mendorong Promosi Pariwisata Kaltim

Redaktur: Bella
| 695 views

Rapat kerja rapat Dinas Pariwisata Kaltim Bidang Pengembangan, dan Pemasaran Pariwisata di Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara,Rabu 2 Maret 2022 (sumber: istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Keindahan panorama di Benua Etam tidak kalah jika dibandingkan dengan daerah lain. Meskipun demikian, acap kali pengetahuan publik turut menjadi faktor penentu ramai tidaknya sebuah kawasan wisata. Persoalan ini pun menjadi salah satu aspek yang kini menjadi perhatian bersama.

Rabu 2 Maret 2022, Dalam rapat kerja Dinas Pariwisata Kaltim Bidang Pengembangan, dan Pemasaran Pariwisata di Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara. Kepala Dinas, Sri Wahyuni, mengatakan instansi harus serius untuk menggalakkan publikasi, promosi, dan pengembangan kerjasama objek wisata.

Menurutnya, bisnis pariwisata yang sebelumnya anjlok karena pandemi Covid-19 kini mulai bangkit. Minat wisatawan pun harus dipancing dengan mendorong promosi via media elektronik maupun media sosial.

"Konsistensi dalam penyajian berita menjadi kunci penting dalam menggaet wisatawan nusantara maupun mancanegara," ungkapnya.

Selain itu, Sri menguraikan pengunaan akun sosial media merupakan langkah kedua dalam merancang skema promosi. Langkah yang terutama dan pertama, adalah dengan memetakan pangsa pasar dengan mensurvei segmentasi pasar.

"Jadi saat melakukan promosi kita memiliki sasaran dan media yang tepat," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Restiawan Baihaqi, menjelaskan pihakya sudah melakukan sejumlah upaya. Salah satunya adalah melakukan pameran kolaborasi dengan sepuluh instansi yang membidangi pariwisata.

Berdasarkan catatan pihaknya, sembilan diantaranya pun sudah melakukan promosi via media sosial.

"Walaupun hanya enam akun yang memiliki keaktifan dan konsistensi dalam pemberitaan," bebernya.

Sehingga untuk menjaga komitmen, Baihaqi menjelaskan rapat kerja ditutup dengan berita acara kesepakatan bersama sejumlah instansi tingkat kabupaten/kota. Notulensi tersebut kelak menjadi pedoman bagi seluruh Dinas Pariwisata di Kaltim untuk bahu membahu mendorong publikasi pariwisata di Benua Etam.

“Kita perlu saling membantu serta mendukung untuk saling berintegrasi agar pondasi dalam promosi kita semakin kuat," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #dinas-pariwisata #pariwisata 

Berita Terkait

IKLAN