Selasa, 16 April 2024 04:58 WIB

Advetorial

Pemkot Samarinda Launching Aplikasi Uji KIR, Masyarakat Bisa Lakukan Lewat Smartphone

Redaktur: Rahmadani
| 1.012 views

Caption : Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat melaunching kartu pembayaran uji KIR pada Jumat, 25 Maret 2022 malam, di halaman parkir Stadion GOR Segiri Samarinda. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Uji KIR dengan skema non tunai (cashless) melalui aplikasi telah resmi dilaunching oleh Pemerintah Kota Samarinda. Kini, dapat dilakukan masyarakat walau hanya dari rumah saja. 

Launching kartu pembayaran uji KIR itu dirangkai dalam semarak Samarinda Festival 2022 yang diselenggarakan Jumat, 25 Maret 2022 malam, di halaman parkir Stadion GOR Segiri Samarinda. 

Launching ditandai dengan penekanan tombol pada aplikasi yang diakses melalui smartphone oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu. 

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Andi Harun menyampaikan, pemerintah mulai membuka pelayanan publik kepengurusan Uji KIR secara online. 

Mekanisme ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik, efektif, dan efisien untuk uji kendaraan bermotor, sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya. 

Selain itu kemudahan juga diberikan melalui sistem pembayaran non tunai dengan memindai QR code yang difasilitasi oleh Bankaltimtara untuk biaya pengujiannya. 

"Jadi nanti tidak ada lagi transaksi non tunai yang berpotensi menimbulkan kebiasaan menyimpang seperti adanya pungutan liar untuk memperlancar proses uji KIR itu sendiri," ujar wali kota. 

Pemilik jargon Samarinda Pusat Kota Peradaban itu kian serius mengembangkan teknologi muktahir untuk mempermudah pelayanan publik di Kota Samarinda. 

"Pelayanan yang prima di semua sektor harus benar-benar menjadi komitmen yang tinggi bagi seluruh OPD Pemerintah Kota Samarinda, agar mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban, bisa direalisasikan," pungkasnya. (*) 

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #uji-kir #pemkot-samarinda #wali-kota-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN