Rabu, 24 April 2024 09:33 WIB

Advetorial

Bakal Jadi Identitas Baru Kota Samarinda, Pemkot Samarinda Launching Batik Khas Lokal dengan Filosofi Sungai Mahakam

Redaktur: Rahmadani
| 999 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat memberikan dalam pembukaan Samarinda Festival 2022, Jumat, 25 Maret 2022 di Stadion GOR Segiri Samarinda. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Semarak Samarinda Festival 2022 yang diwarnai denga pameran produk-produk UMKM lokal, turut menjadi ajang bergengsi bagi pengenalan batik khas Kota Samarinda. 

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan, bahwa produk batik Samarinda ke depan akan menjadi identitas baru daerah dengan sebutan Kota Tepian ini.

Ia menyebut, batik Samarinda yang baru dilaunching berbarengan Samarinda Festival 2022 ini memiliki ciri khas yang terbagi menjadi 4 jenis motif, bertemakan Sungai Mahakam dengan makna kehidupan yang terkandung di sekitar wilayahnya. 

Makna ini diceritakan ulang melalui garis, bentuk dan simbol, yang merupakan stilasi dari bentuk-bentuk aslinya seperti pohon pakis, ikan pesut, dan aliran sungai yang menjadi sumber kehidupan dan peradaban masyarakat 

Diangkatnya tema sungai ini merupakan penghormatan kepada Sungai Mahakam serta kehidupan didalamnya. 

"Hal ini diwakili oleh ikon ikan pesut (Orcaella Brevirostis) yang terancam punah," jelas Andi Harun pada kesempatan sambutannya membuka Samarinda Festival 2022, Jumat, 25 Maret 2022 di Stadion GOR Segiri. 

Pemilik jargon Samarinda Pusat Kota Peradaban itu bahkan memahami banyak simbol yang tertuang di dalam batik Samarinda tersebut. Seperti motif daun pakis dan sarung Samarinda. 

"Ikongrafi motif pakis diturunkan dari motif Suku Dayak sebagai penjaga kearifan budaya Sungai Mahakam. Sedangkan motif Sarung Samarinda yang digunakan sebagai latar, merupakan simbol ciri khas dan pemersatu masyarakat yang bermukim di Samarinda," ujarnya. 

"Batik Samarinda adalah karya yang berharga, sama dengan lukisan Indah yang kita gantungkan di Ruang Utama untuk dikagumi dan dibanggakan," pungkasnya. (*) 

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #batik-samarinda #samarinda-festival-2022 #pemkot-samarinda #andi-harun #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN