Jumat, 26 April 2024 02:46 WIB

Advetorial

Cara Dishub Kaltim Menjaga Keselamatan Berkendara saat Mudik Lebaran 2022

Redaktur: Bella
| 944 views

Ilustrasi mudik lebaran (sumber: istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan antisipasi menjelang mudik dan arus balik lebaran. Satu diantaranya, melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap keamanan dan kelaikan transportasi.

Kamis, 28 April 2022, Kepala Dishub Kaltim, AFF Sembiring, menjelaskan ramp check dilakukanuntuk memastikan keamanan dan kelaikan transportasi yang akan digunakan pemudik. Pihaknya bergerak cepat agar memeriksa sejumlah moda transportasi seperti bus. Hasilnya pun cukup melegakan.

"80 persen sarana transportasi tersebut sudah siap melayani masyarakat yang ingin mudik lebaran," terang Sembiring, sapaannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan upaya ramp check dilakukan dengan tiga cara. Yakni kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik pengemudi, dan kelengkapan sarana untuk keselamatan penunjang.

Karena pemeriksaaan pun dilakukan kepada pengemudi secara komperhensif. Tidak jarang personilnya menemukan sejumlah keganjilan. Salah satunya adalah temuan supir yang berusia 60 tahun di Balikpapan.

"Memang ada ditemukan supir yang sudah berumur 60 tahun di Balikpapan namun supir itu tidak melayani lintas antar provinsi, hanya dalam kota saja dan tentu saja akan selalu dimonitor oleh perusahaannya maupun Organda," imbuhnya.

Selain melakukan pemeriksaan moda transportasi darat, Dishub juga bakal melakukan ramp check terhadap keamanan transportasi laut dan sungai di Balikpapan dan PPU. Setidaknya ada 19 kapal feri yang sudah dinyatakan Dishub layak beroperasi di sana.

"Semoga semua baik dan siap jalan," tutupnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #mudik-lebaran #dishub-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN