Senin, 29 April 2024 07:57 WIB

Advetorial

Isran : Fokus Pemprov Pembangunan Berbasis Renewable Resources

Redaktur: Rahmadani
| 596 views

Gubernur Kaltim Isran Noor saat berkunjung ke Desa Wisata Pela. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net –  Gubernur Kaltim Isran Noor menyebut kebergantungan terhadap kekayaan sumber daya alam (SDA) masih sangat besar dan mendominasi pendapatan asli daerah (PAD) di Kaltim.

Namun demikian, di sisi lain pengelolan SDA seperti batu bara, minyak bumi, serta gas alam yang tak bisa diperbarui itu turut menjadi masalah lain. Itu karena energi ini suatu saat pasti akan habis.

Akan hal tersebut, Gubernur Isran Noor menyatakan pemerintah terus menggencarkan pengembangan sektor pertanian dalam arti luas serta sektor pariwisata berkelanjutan. Salah satunya adalah pengembangan Desa Pela di Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar).

"Fokus pemerintah provinsi ke depan akan mengembangkan sektor-sektor pembangunan yang berbasis renewable resources seperti sektor pertanian dalam arti luas dan sektor pariwisata," kata Isran Noor, Jumat, 6 Mei 2022.

Untuk diketahui, Desa Pela menjadi satu-satunya desa dari Kaltim yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Desa Pela merupakan desa yang berada di pinggir Sungai Mahakam yang sebagian besar penduduknya merupakan nelayan air tawar. Sesuai keputusan Bupati Kukar tahun 2019 lalu, Desa Pela ditetapkan sebagai desa wisata dengan berbasis wisata danau dengan ekosistem pesut.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Irvan Rivai menjelaskan, sebelumnya tiga desa wisata di Kaltim masuk 100 besar ADWI 2022. Adalah Desa Pela di Kukar, Desa Wisata Malahing dari Kota Bontang dan Desa Wisata Teluk Harapan di Kabupaten Berau.

"Namun setelah penilaian lebih lanjut tim Kemenparekraf, hanya Desa Wisata Pela yang berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata," kata Irvan.

Maka dari itu, dia berharap, Desa Wisata Pela dapat terus berbenah dan berinovasi, serta memperbaiki dan mengikuti kriteria yang menjadi penilaian dewan juri, sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam ADWI 2022. (Jr/adv/diskominfokaltim)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #desa-wisata-pela #pemprov-kaltim #isran-noor 

Berita Terkait

IKLAN