Sabtu, 20 April 2024 06:31 WIB

Advetorial

Hero Mardanus Resmi Menjabat Sebagai Sekda Kota Samarinda

Redaktur: Rahmadani
| 1.010 views

Caption : Hero Mardanus saat resmi dilantik oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun menjadi Sekda Kota Samarinda, Rabu, 11 Mei 2022. (Dok. Diskonminfo Samarinda).

Samarinda, Afiliasi.net - Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda, Hero Mardanus kini telah resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Samarinda. 

Pelantikan itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun di Rumah Jabatan Wali Kota di Jalan S Parman, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, pada Rabu (11/5/2022). 

Pada kesempatan itu, Andi Harun mengatakan bahwa proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama tersebut sebelumnya telah diikuti oleh peserta uji kompetensi dengan jumlah 4 orang yang keseluruhannya merupakan pejabat Eselon II Pemkot Samarinda. 

Di antaranya yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah Samarinda Hermanus Barus, Kepala Inspektorat Wilayah Samarinda Mas Andi Suprianto, Kepala Dinas Perikanan Samarinda Sam Syaimun, dan Kepala Dinas PUPR Kota Samarinda Hero Mardanus. 

Andi Harun menjelaskan, bahwa dalam proses seleksi itu telah dilakukan sebagaimana mestinya. Ia yakin Hero sebagai Sekda baru Pemkot Samarinda mampu memegang amanah dalam melaksanakan tugasnya. 

"Saya percaya pak Hero bisa memimpin dengan baik. Dibutuhkan kerja yang kreatif dan inovatif dalam melakukan percepatan dan pencapaian visi misi pemerintah kota Samarinda. Lalu mendeliver semua kebijakan secara cepat, tepat, dan bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Andi Harun kepada awak media. 

Ia menguraikan, jabatan yang kini telag dipegang oleh Hero juga dinilai dapat mempercepat Visi dan Misi Pemerintah dalam penanganan banjir, pembangunan infrastruktur, serta pemberdayaan masyarakat. 

"Beliau sebagai mantan kepala dinas PUPR tentu tidak sulit bagi Sekda untuk langsung bekerja. Tidak dibutuhkan lagi waktu untuk belajar, karena dalam satu tahun terakhir ini dia yang memimpin program penanggulangan banjir di dinas teknis," ucapnya. 

Selain itu, Andi Harun juga meminta kepada Hero agar dapat berkoordinasi dengan lintas OPD, Instansi Eksternal, dan organisasi-organisasi di bawah kementerian guna mempercepat proses pembangunan di Kota Samarinda. 

"Misalnya Balai Wilayah Sungai (BWS), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), karena Samarinda juga banyak jalan nasional. Itu pertimbangan kita Sekda yang baru hisa bekerja secara efektif," imbuhnya. 

Terpisah, Hero Mardanus mengaku sanggup memegang amanah yang telah diberikan itu. Selain melaksanakan visi misi Pemkot Samarinda, pembenahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan juga akan dilakukannya. 

"Langkah utama kita akan melaksanakan visi misi pak wali yang prioritas yaitu penanganan banjir dan pro bebaya. Sebelumnya sudah ada beberapa masukan, dan ada beberapa yang perlu kita benahi dan ditingkatkan. Bagaiamana cara menyukseskan supaya berhasil," paparnya. 

"Sementara untuk pembenahan ASN, yang jelas semua aturan tentang disiplin pegawai itu ada, pak wali kota belakangan kencang soal ini. Pasti akan tegas daripada kemarin-kemarin," tandasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #andi-harun #hero-mardanus #sekda 

Berita Terkait

IKLAN