Jumat, 26 April 2024 10:13 WIB

Advetorial

Jembatan Gang Nibung Dibongkar, Wali Kota Andi Harun: Normalisasi SKM Lebih Mendesak

Redaktur: Rahmadani
| 885 views

Petugas gabungan Pemkot Samarinda dan TNI-Polri saat membongkar Jembatan Gang Nibung di Jalan Dokter Sutomo pada Rabu, 18 Mei 2022. (Rahmadani/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun memastikan bakal membangun jembatan pengganti dari jembatan Gang Nibung yang hari ini dibongkar untuk kepentingan normalisasi Sungai Karang Mumus. 

Orang nomor satu di Samarinda itu bahkan menyebut, pengganti Jembatan Gang Nibung yang sudah berusia lebih dari 50 tahun itu, bakal dibuat layaknya jembatan seperti yang ada di Jalan Kehewanan dengan total anggaran mencapai Rp 8 miliar. 

"Intinya, tahun ini akan dibangun jembatan seperti yang dibangun di Kehewanan," kata Andi Harun.

Terkait pembongkaran jembatan, Andi Harun juga meminta pengertian warga untuk memahami upaya Pemkot Samarinda dalam mengendalikan banjir yang selama ini menjadi momok masyarakat di Kota Tepian. 

"Kalau jembatan dipertahankan, pengerjaan bakal macet. Normalisasi SKM untuk penanggulangan banjir lebih mendesak dan untuk kepentingan orang banyak," tegas Andi Harun. 

Langkah tersebut, lanjut Andi Harun, sesuai rekomendasi dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim.

Sementara ini, masyarakat yang ingin menuju Gang Nibung diminta untuk melintas melalui Jalan Kyai Hasan Basri, Jalan Merak II, hingga Jalan S Parman.

Menambahkan, Kabag SDA Pemkot Samarinda, Hambali menyebut selama pembongkaran, Pemkot Samarinda dibantu oleh unsur TNI-Polri. Lebih kurang 200 petugas gabungan, diturunkan agar kegiatan berjalan lancar.

"Supaya dua alat berat ekskavator dari pihak TNI bisa lewat lalu lelang membersihkan sungai.

Terkait pembongkaran 98 bangunan milik warga yang terdampak normalisasi SKM sendiri, terang Hambali, telah dilakukan dan tidak mengalami kendala.

"Hanya kurang dua rumah lagi yang pemiliknya masih keluar daerah, berkaitan dengan pembayaran pembebasan lahan," tambahnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jembatan-gang-nibung #andi-harun #normalisasi-skm #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN