Senin, 20 Mei 2024 08:15 WIB

Advetorial

Spesial Tahun Ini, Seleksi Paskibraka Kaltim Dipantau Langsung Sekmil Presiden RI

Redaktur: Rahmadani
| 548 views

Seleksi anggota Paskibraka Kaltim. (Istimewa)

SAMARINDA, AFILIASI.NET – Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dilaksanakan di Komplek Stadion Kudungga, Sangatta, Kutai Timur (Kutim), Jumat, 20 Mei 2022.

Seleksi tersebut dipantau langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) bersama Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Sekmil).

Kadispora Kaltim, Agus Tianur, melalui pesan singkat menjelaskan jika pelaksanaan seleksi tersebut dipersiapkan untuk menuju tingkat nasional dan provinsi di pada 2022 ini. Ia menyebut, proses seleksi tahun ini terbilang spesial, lantaran dipantau langsung oleh Sekmil Presiden.

"Di tahun sebelumnya seleksi dilakukan oleh instansi daerah setempat, kami tinggal menerima calon yang diajukan. Untuk tahun ini kami melakukan seleksi langsung ke setiap kabupaten dan kota," jelasnya.

Dispora Kaltim sendiri, lanjut Agus, serius dalam melakukan tahap demi tahap seleksi kepada para peserta. Ia menegaskan tak ada intervensi dari pihak manapun selama proses seleksi, seperti misalnya peserta titipan dari orang tertentu dalam penentuan kelolosan.

"Kami persilahkan tim seleksi kabupaten/kota melakukan pengukuran dan berikan ke kami nama-nama yang memenuhi syarat sebagaimana edaran Kemenpora," tegasnya.

Agus menambahkan, metode penilaian terhadap peserta calon Paskibraka Kaltim ini menekankan pada anatomi Sikap, Gerak dan Penampilan (SGP). Pemprov Kaltim juga mengetatkan proses seleksi agar berjalan sesuai dengan penilaian sportifitas. Itu untuk melahirkan calon yang terbaik dengan mematuhi segala peraturan dan persyaratan yang berlaku.

Untuk Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru, sangat diharapkan seleksi ini berjalan sesuai aturan dan Benua Etam menempatkan wakilnya di posisi delapan dan bahkan sebagai pembawa baki. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #seleksi-paskibraka-kaltim #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN