Kamis, 02 Mei 2024 04:01 WIB

Advetorial

Sambut Konjen Jepang, Plt Sekdaprov Kaltim Harap Kerja Sama Makin Erat

Redaktur: Rahmadani
| 651 views

Plt Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi saat menyambut Konjen Jepang Takeyama Keninchi. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov Kaltim, Riza Indra Riadi, mengaharapkan kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Jepang yang saat ini  sudah berjalan dapat ditingkatkan dan dipekuat lagi.

Hal tersebut diungkapkan Riza saat menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Jepang Takeyama Kenichi di Kantor Gubernur Kaltim pada Rabu, 8 Juni 2022.

“Saya berharap kerja sama Kaltim dengan Jepang ini dapat meningkat dan semakin kuat,” ucapnya.

Dipilihnya Kaltim sebagai daerah ibu kota negara (IKN) baru, dinilai oleh Riza akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Tak hanya di Kaltim kendati juga wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

“Kita bersyukur tahun 2023, pemerintah pusat akan menganggarkan Rp 30 triliun untuk pembangunan IKN,” ujar Riza.

Anggaran sebesar itu, menurut Riza, setara dengan tiga kali dengan APBD Kaltim. Saat ini, Kaltim masih dihadapkan dengan persoalan konektivitas antarwilayah dan infrastruktur jalan yang masih banyak mengalami kerusakan.

“Kita berharap kerja sama dengan Jepang dapat menyasar masalah ini, karena yang kita tahu bantuan Jepang banyak terfokus di wilayah Jawa saja,” katanya.

Konjen Jepang Takeyama Keninchi mengatakan tujuan kunjungan ke Kaltim untuk bersilaturahmi dengan jajaran Pemprov Kaltim, karena dirinya baru beberapa bulan menjabat sebagai Konjen Jepang yang berkedudukan di Surabaya.

“Kami ingin bersilaturahmi dan memperkenalkan diri selaku Konjen baru kepada pejabat Kaltim, karena Kaltim adalah salah satu wilayah kerja kami,” kata Takeyama.

Selain itu, Takeyama akan menghadiri Peresmian IGD Puskesmas di Long Kali, Kabupaten Paser yang merupakan bantuan hibah Pemerintah Jepang untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemprov-kaltim #konjen-jepang #riza-indra-riadi 

Berita Terkait

IKLAN