Kamis, 02 Mei 2024 01:36 WIB

Advetorial

Kata Gubernur Isran Soal Tata Letak IKN Nusantara: Aktif dan Mudah Diakses

Redaktur: Rahmadani
| 620 views

Titik Nol IKN Nusantara. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) direncanakan akan memiliki konsep terhubung, aktif, dan mudah diakses. Artinya, 80 persen perjalanan sekitar IKN Nusantara dilakukan dengan transportasi umum atau mobilitas aktif.

Semua titik ke fasilitas penting dan simpul transportasi umum hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja. Kemudian, koneksi transit ekspres dari kawasan Inti Pusat Pemerintahan ke bandara strategis sekitar kurang dari 50 menit pada tahun 2030 nanti.

"Itu konsep di ring satu, sedangkan ring dua sekitar 56 ribu hektare dan ring tiga 256 ribu hektare," ungkap Gubernur Kaltim, Isran Noor saat menghadiri acara Hari Peringatan Lingkungan Hidup, Rabu (8/6/2022).

Dirinya menegaskan, bahwa nantinya gedung fasilitas Negara dipastikan tidak berdekatan. Karena, jaraknya akan dibuat sekitar 1,5 kilometer.

"Misalnya, di titik A ada gedung kementerian tertentu. Kemudian di titik B itu ada lagi gedung kementerian lainnya namun jaraknya sekitar 1,5 kilometer," terangnya.

Di antara gedung itu akan ada bangunan yang terbuat dari kayu lempung, kayu kapur, kayu meranti atau pun kayu ulin dan pohon-pohon lainnya. Kawasan IKN Nusantara akan berbaur dengan satwa-satwa," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Satgas PUPR Badan Otorita IKN Nusantara, Didit, tantangan terbesar dalam pembangunan ini yaitu memastikan agar kawasan tersebut tetap hijau namun dibalut modern.

"Ya, tantangannya itu bagaimana caranya agar kita membangun kota modern sementara hutannya tetap terjaga. Insha Allah Satgas sangat berhati-hati terhadap hal ini," singkatnya. (Vk/adv/diskominfokaltim)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #titik-nol-ikn-nusantara #isran-noor #desain-ikn-nusantara #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN