Senin, 29 April 2024 11:35 WIB

Advetorial

Tiba di Desa MHA Mului dan dan Muara Andeh, Hadi Mulyadi Prioritaskan Pendidikan dan Lingkungan

Redaktur: Rahmadani
| 678 views

Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi saat berkunjung di Muara Andeh, Paser. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mengunjungi dua desa di Kabupaten Paser yang masuk wilayah Masyarakat Hukum Adat (MHA) selama tiga hari.

Kunjungan pertama orang nomor dua di Kaltim itu dilakukan di tanah MHA Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam. Kemudian melakukan perjalanan menuju Desa Muara Andeh, Kecamatan Muara Samu, dimulai pada tanggal 7-9 Juni 2022.

Hadi mengatakan, dua hal yang penting di desa ini. Pertama keduanya merupakan desa MHA yang sangat konsisten menjaga lingkungan di sekitarnya dengan baik. Bahkan pemeliharaan air yang dikonsumsi warga sekitar untuk minum maupun yang lainnya ini cukup bersih dan layak.

 “Dusun Muara Andeh ini ditetapkan sebagai masyarakat hukum adat. Itu hanya dua di Kaltim, satu di Mului dan satunya di sini (Muara Andeh). Masyarakat mampu memelihara lingkungan secara baik," ucap Hadi Mulyadi, kepada awak media, Jumat, 10 Juni 2022.

Hadi melanjutkan, hal terpenting kedua ialah sektor pendidikan yang berjalan di desa ini. Disebutnya, saat ini hanya ada pendidikan tingkat sekolah dasar (SD). Dan bagi yang sudah lulus untuk berlanjut ke jenjang SMP hingga SMA, biasanya melanjutkan di Desa Sengayam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

“Itu dilakukan warga desa karena paling dekat dengan Muara Andeh. Tetapi untuk melanjutkan sekolah di sana, sudah tersedia tempat singgah bagi siswa dan siswi agar bisa bersekolah dengan nyaman,” jelas Hadi.

Akan hal tersebut, Hadi mengapresiasi atas kinerja kepala desa yang sudah mau mengutamakan pendidikan bagi warganya. Sebab, sektor pendidikan berperan penting dalam memajukan sumber daya manusia (SDM).

"Yang lebih penting lagi kepala desanya punya visi yang baik untuk pendidikan. Anak- anak disini yang mau lanjutkan SD ada tempatnya, SMP dan SMA di Sengayam, mereka sediakan rumah singgah. Kalau mereka mau kuliah di Tanah Grogot juga mereka sediakan rumah singgah. Ini kepala desanya luar biasa, karena dia punya pemikiran untuk tingkatkan SDM," pungkas Hadi. (Jr/adv/diskominfoKaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #muara-andeh #pemprov-kaltim #hadi-mulyadi 

Berita Terkait

IKLAN