Kamis, 02 Mei 2024 05:33 WIB

Advetorial

DPMPTSP Kaltim Dorong Peningkatan Sektor Sawit dan Pariwisata

Redaktur: Rahmadani
| 592 views

Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Sepanjang tahun 2022 ini direncanakan realisasi investasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan terus di dorong.

Hal ini dikarenakan, pada triwulan I 2022 ini, realisasi investasi di Kaltim baru mencapai nilai Rp 14 triliun dari target sebelumnya yakni Rp 54 triliun. 

Sebab itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim pun terus berupaya guna mengejar target realisasi investasi di Kaltim.

Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto mengatakan, demi mengejar target yang telah ditetapkan itu, pihaknya akan terus mengoptimalkan percepatan dan peningkatan investasi.

Upaya yang dilakukan yakni dengan cara melakukan eksplorasi peluang investasi di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Selain pertambangan, diharapkan performa sektor-sektor lainnya juga terus menggeliat, misalnya perkebunan produksi CPO kelapa sawit juga terus meningkat, termasuk bidang pertanian, pariwisata serta sektor lainnya," ucap Puguh, Minggu (12/6/2022).

Selain itu, khusus sektor perkebunan, pihaknya berharap ada peningkatan performa di bagian produk CPO.

"Manufaktur ini juga selaras dengan harapan Pemprov Kaltim dalam nilai tambah dari beberapa sektor,” ungkapnya.

Puguh menjelaskan bahwa dari beberapa diskusi yang dilakukan pihaknya, ada muncul potensi yang dapat dimasukan menjadi Investment Project Ready To Offer (I-PRO).

Menurut Puguh hal itu perlu dilakukan agar kabupaten dan kota maupun dinas-dinas teknis di Kaltim bisa lebih maksimal lagi dalam upaya peningkatan peluang investasi.

Diketahui, realisasi investasi di Kaltim pada 2021 lalu menyentuh angka Rp 41,17 triliun. Dengan rincian, realisasi penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp10,88 triliun dengan 4.319 proyek, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) senilai Rp30,3 triliun dengan 428 proyek.

Seluruh capaian itu tentu menempatkan realisasi PMDN Kaltim menjadi kelima terbesar se-Indonesia.

“Tahun 2021, PMDN Kaltim masuk peringkat lima nasional," pungkasnya. (Vk/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #destinasi-kaltim #investasi-di-kaltim #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN