Senin, 29 April 2024 10:02 WIB

Advetorial

Wagub Hadi Dukung Program Komcad Kementerian Pertahanan RI di Kaltim

Redaktur: Rahmadani
| 681 views

Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Dengan melibatkan diri menjadi bagian dari Komponen Cadangan (Komcad) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI), muda-mudi di Indonesia khususnya Kaltim diharapkan dapat sadar pentingnya bela negara.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi saat menghadiri giat Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Nasional (SDN) untuk Pertahanan Negara di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada, pada Rabu (15/6/2022).

"Pertahanan Keamanan itu dipersiapkan mulai sekarang," ungkapnya.

Menurut Hadi, muda-mudi masa kini kurang menyadari akan pentingnya bela negara. Hingga kesadaran bela negara pada generasi muda pun tergolong rendah dan berkurang.

Dirinya juga mengatakan, padahal kesadaran bela negara begitu penting, karena bukan tidak mungkin sewaktu-waktu Indonesia menghadapi ancaman.

“Karena sekarang ini nyaris kesadaran Bela Negara dalam kacamata saya agak berkurang," jelasnya.

Hadi menguraikan bahwa salah satu kepentingan Kemhan RI yakni membangun pertahanan dan keamanan negara. Baik itu melalui sumber daya alam, maupun sumber daya manusia di luar TNI-Polri.

Ia juga menyebutkan, bahwa dalam waktu dekat ini akan ada sebanyak 600 Komcad yanh dibina selama kurun waktu 3 bulan dan terbuka di seluruh Indonesia.

"Inikan kepentingan bela negara, kalau bisa sebanyak-banyaknya. Tapi karena anggaran terbatas makanya dibatasi," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Pertahanan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan RI), Brigjen TNI Fahrid Amran menambahkan, komponen cadangan akan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Dirinya memastikan, jika salah satu tugas utama Komcad juga untuk mendukung suksesnya pembangunan IKN.

"Intinya komponen cadangan ini untuk memperkuat pertahanan negara, khususnya memperkuat memperbesar kemampuan pemuda dalam menghadapi ancaman militer," kata Fahrid Amran.

Untuk itu, segala persiapan mesti dilakukan baik pemerintah dan lembaga terkait untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat luas terlebih lulusan Sekolah Menengah Atas dan Sederajat lainnya.

"Jadi harus kita persiapkan mulai dari sekarang, karena pertahanan itu disiapkan secara dini berdasarkan UUD," pungkasnya. (Vk/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #komponen-cadangan #kemenhan-ri #hadi-mulyadi #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN