Jumat, 19 April 2024 11:43 WIB

Advetorial

Pesan Gubernur Isran Saat Lepas Calon Jemaah Haji Kaltim dari Embarkasi Balikpapan

Redaktur: Rahmadani
| 666 views

Foto bersama Gubernur Isran Noor dan para jemaah haji asal Kaltim yang bakal berangkat ke tanah suci melalui Embarkasi Balikpapan. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Gubernur Kaltim Isran Noor melepas ratusan jemaah calon haji Kaltim kloter ke-2 tahun 1443 H/2022 M di Embarkasi Haji Batakan Balikpapan pada Kamis, 23 Juni 2022. 

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Bumi Mulawarman tersebut mengucapkan kumandang talbiyah ‘Labbaika allahumma labbaik, Laa syariika laka labbaik. Innalhamda, wanni'mata laka wal mulk, laa syariikalak’ yang selanjutnya diikuti seluruh jemaah calon haji.

Diketahui, pelepasan jemaah haji kloter 2 Embarkasi Balikpapan tahun 1443 H/2022 M itu berisikan total jemaah 360 orang dari Balikpapan, kemudian Kutai Barat, Bontang, Berau dan Mahakam Ulu sebanyak 356 orang ditambah lagi petugas 4 orang.

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kaltim, Gubernur Isran Noor mengucapkan selamat kepada seluruh jemaah calon haji Kaltim sekaligus mendoakan para jemaah agar dimudahkan saat melaksanakan ibadah haji.

"Kesabaran selama ini, insyaallah memberikan sebuah makna yang besar. Semoga menjadi haji mabrur," kata Gubernur Isran Noor.

Masih dalam kesempatan yang sama, Gubernur Isran Noor berbagi cerita dan pengalaman ketika dirinya menunaikan ibadah haji. Ia berharap agar para jemaah selalu menjaga kesehatan, banyak minum air putih, dan tidak terburu-buru saat beribadah dan berdoa.

“Agar ibadahnya dimudahkan Allah," harapnya.

Menurut mantan Bupati Kutim itu, tekad dan semangat serta tenaga juga niat yang kuat diperlukan selama melaksanakan ibadah haji.

"Tapi saya ingatkan amalan, atau bacaan yang baik dan menurut saya sangat baik adalah shalawat. Bacalah shalawat sebanyak-banyaknya," imbuhnya.

Menambahkan, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Masrawan, selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan melaporkan Embarkasi Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan jemaah haji dari empat provinsi, yakni Kalimantan Timur 1.148 orang (3 kloter khusus dan 3 kloter gabungan), Kalimantan Utara 190 orang (1 kloter gabung Kaltim), Sulawesi Tengah 901 orang (2 kloter khusus dan 1 gabungan) dan Sulawesi Utara 360 orang (1 kloter gabungan 30 orang). 

"Jemaah haji yang siap diberangkatkan sebanyak 2.596 orang ditambah petugas menyertai jemaah haji 32 orang, total 2.629 orang terbagi 8 kloter," jelas Masrawan.

Sebagai informasi, pelepasan kloter 2 Embarkasi Haji Batakan Bàlikpapan ini ditandai penyerahan living cost dan pengalungan sorban kepada perugas dan jemaah haji. Hadir pula Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kaltim Deni Sutrisno, Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan, Ketua MUI KH Muhammad Rasyid, serta Ketua Umum IPHI Dr Hj Meiliana. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jemaah-haji-kaltim #isran-noor #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN