Kamis, 25 April 2024 05:51 WIB

Advetorial

Gubernur Isran Atensi Pasokan Pangan Kaltim Asal Luar Daerah

Redaktur: Rahmadani
| 692 views

Gubernur Kaltim, Isran Noor. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net –  Kalimantan Timur hingga saat ini masih memasok sebagian besar kebutuhan pangan dari luar daerah. Seiring dengan pertambahan penduduk menjelang perpindahan ibu kota negara (IKN), hal ini dinilai harus selaras dengan peningkatan produksi pangan di daerah.

Merespon hal tersebut, Pemprov Kaltim menyatakan terus berkomitmen untuk menciptakan kedaulatan pangan daerah. Pasalnya, bidang pangan merupakan kebutuhan utama yang menyangkut hajat hidup banyak orang.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, persoalan pangan menjadi isu strategis yang akan terus diperjuangkan untuk diselesaikan oleh pemerintah provinsi. Namun, diakui orang nomor satu Benua Etam itu, persoalan pangan daerah memang cukup komplikatif.

"Urusan pangan ini tidak akan pernah selesai. Pangan adalah komoditas yang sangat strategis dan dibutuhkan manusia sampai kapan pun, sampai kiamat tetap dibutuhkan," ujar Isran, Senin, 15 Juli 2022.

Di Kaltim sendiri, ujar Isran, produksi pangan belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan konsumsi masyarakat lantaran sebagian besar masih dipasok dari luar daerah. Pemprov disebutnya akan berupaya mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan produksi pangan daerah. Terutama, dalam hal pemanfaatan lahan untuk pengembangan komoditas pangan dan pertanian. (Jr/adv/diskominfo)


TOPIK BERITA TERKAIT: #isran-noor #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN